Waktu Paling Baik untuk Mengisi Angin Ban Motor

Pernahkah Anda mendengar sebuah tips terkait pengisian angin untuk ban motor yang bunyinya, “Sebaiknya mengisi angin ban motor jangan dilakukan pada siang hari,”? Sebenarnya memang ada alasan yang sangat logis terkait mengisi angin ban motor disarankan pada malam hari, begini penjelasannya.

Tekanan angin ban motor wajib dicek secara berkala oleh pemiliknya dan jangan sampai angin ban motor ini kurang tekanannya dari anjuran.

Untuk isi angin ban motor, banyak yang menyarankan baiknya dilakukan pada malam hari.

Ternyata ada penjelasannya isi angin ban motor disarankan dilakukan pada malam hari.

Seperti dikutip dari GridOto.com, pernah diungkapkan Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, selaku produsen ban motor merek IRC, ada baiknya isi angin ban dilakukan pada malam hari.

“Karena di malam hari dengan suhu yang dingin lebih cocok untuk mengisi dan mengukur tekanan angin ban,” buka Dodiyanto.

“Sebetulnya tidak harus di malam hari, tapi kita wajib tunggu kondisi ban dingin untuk mengukur dan mengisi angin ban motor,” tambahnya.

“Kalau kondisi ban panas maka tekanan udara di dalam ban bakal naik,” bilangnya lagi.

Efeknya akan terjadi pemuaian sehingga bacaan alat tekanan angin ban jadi kurang akurat.

“Jadi kalau kita isi angin ban saat kondisi ban panas malah berpotensi ban bakal kempis saat suhunya normal. Karena saat ban kembali ke suhu, normal umumnya tekanan banbakal turun cukup jauh,” ungkapnya.

“Sementara kalau dicek lalu isi angin ban motor saat kondisi dingin, tidak ada pemuaian sehingga bisa lebih presisi,”jelas Dodiyanto.

“Yang terpenting kalian harus rutin cek kondisi angin ban, jangan sampai kurang atau berlebihan ketika berkendara,” tutupnya.

Tuh, sekarang tahu kenapa disarankan isi angin ban di malam hari.

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *