Awak Media Kesal Dihalangi Meliput Shakedown Test MotoGP 23

Sebelum mulai seri MotoGP 2023, Dorna Sports membuat kesal para jurnalis, lantaran muncul larangan untuk menghadiri shakedown test dalam rangkaian tes pramusim MotoGP 2023 di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Memang belum ada pengumuman resmi dari Dorna Sports, tetapi kabar larangan datang ke sesi shakedown test MotoGP 2023 sudah beredar di Whatsapp Group jurnalis internasional.

Usut punya usut, seperti dikutip dari GridOto.com, larangan ini ternyata dibuat berdasarkan permintaan para tim kontestan MotoGP 2023.

Seluruh tim merasa keberatan jika para jurnalis berada terlalu dekat dengan boks tim saat shakedown test yang digelar pada 5 hingga 7 Februari 2023 tersebut.

Mungkin saja takut jika beberapa komponen akan difoto oleh jurnalis sehingga bisa ditiru oleh para rivalnya.

Seketika para jurnalis yang setia mengikuti MotoGP keliling dunia pun heboh dan marah besar di media sosial.

Banyak yang mempertanyakan kenapa MotoGP malah melakukan antitesis di tengah kemerosotan popularitasnya.

Tentu yang membuat para jurnalis internasional lebih kesal lagi, mereka sudah booking tiket dan hotel di Malaysia untuk menghadiri shakedown test.

“Tim-tim meminta ada pagar ditutup untuk media selama tiga hari shakedown di Malaysia, MotoGP mencari penonton, tapi bukannya dibuka malah menutup pasar,” tulis akun Twitter media Italia GPOne, @gponedotcom.

“Sayangnya benar, tak ada jurnalis diperbolehkan di shakedown test sebelum tes utama di Sepang. Kami hanya dikabari kemarin soal perubahan aturan ini, sangat lama setelah booking tiket penerbangan,” tulis Simon Patterson (@denkmit) menjawab cuitan Lucy Wiryono di akun Twitter-nya.

Meski dilarang untuk shakedown test, para jurnalis masih bisa menghadiri sesi tes resmi pada 10 hingga 12 Februari 2023.

Hal tersebut masih disayangkan, karena shakedown jadi tempat para pembalap tes dan rookie tampil mencoba beberapa hal baru di motornya.

Ditambah lagi shakedown test ini biasanya bermunculan komponen-komponen unik dari motor baru masing-masing pabrikan, yang menarik rasa ingin tahu para fans di seluruh dunia.

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *