Engine Flush, Cara Mudah Membersihkan Mesin Tanpa Harus Turun Mesin

Engine Flush, Cara Mudah Membersihkan Mesin Tanpa Harus Turun Mesin

Sahabat Oto… Merawat mobil merupakan hal yang penting agar setiap beraktifitas kita tidak akan dihinggapi rasa cemas akibat mobil yang mungkin saja mogok di jalan raya akibat kerusakan pada kinerja mesin.

Salah satu perawatan yang sering dilakukan adalah mengganti oli mesin secara berkala, namun ternyata penggantian oli saja tidak membuat mobil kita benar-benar dalam kondisi prima. Hal ini disebabkan karena saat penggantian oli, masih ada sisa oli yang kotor yang tertinggal di dalam bak penampungan yang akhirnya mengendap dan lambat laun menjadi kerak karbon yang tentu saja jika dibiarkan akan membuat kinerja mesin akan tidak normal lebih lanjut tentunya nantinya akan merusak komponen-komponen di dalamnya.

Untuk menghilangkan kerak oli yang menempel inisahabat oto tidak perlu melakukan turun mesin karena selain prosesnya lama juga biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, terlebih nantinya biasanyaharus diikuti dengan penggantian komponen yang rusak akibat proses turun mesin.

Sabahat Oto bisa melakukan Engine Flush, cara praktis yang digunakan untuk meluluhkan kerak membandel di dalam ruang mesin tanpa harus membongkar mesin, ruang mesin akan bersih dari kerak yang menempel  dan endapan oli hanya dengan menggunakan cairan berformulasi khusus.

Cairan ini nantinya akan dapat membersihkan kerak mesin secara maksimal dengan meluluhkan atau melunturkan kerak oli, menjaga suara mesin tetap halus, menjaga daya tahan mesin karena terdapat aditif anti wear yang melindungi komponen mesin selama pembersihan, aman terhadap seal (paking) mesin, dan tentunya akan membuat oli baru pun dapat bekerja maksimal sekaligus menjaga kerak muncul kembali.

Cara penggunaan cairan ini juga sangat mudah bisa dilakukan sendiri. Yang pertama parkirkan mobil di tempat yang rata kemudian tuangkan Engine Flush ke dalam mesin yang masih panas dan campur dengan oli lama yang masih di dalam mesin. Hidupkan mesin dan injak gas hingga 2000 RPM selama 15 menit. Setelah itu matikan mesin lalu buka baut pembuangan oli dan biarkan oli lama keluar tuntas.

Langkah berikutnya ganti filter oli baru. Setelah proses flushing penting untuk mengganti filter oli karena sebagian kotoran kerak pasti akan ikut tersaring kedalam filter oil dan jika filter oli tidak diganti nantinya sirkulasi oli bisa tersumbat.

Setelah filter oli diganti kemudian isi mesin menggunakan oli baru yang tentunya sesuai dengan spesifikasi dari mesin mobil kita masing-masing jangan lupa untuk menutup terlebih dahulu baut pembuangan oli agar oli yang baru dituang tidak kembali terbuang.

Setelah dituangkan oli yang baru, dengan ruang mesin yang bersih tentu kinerja oli mesin pastinya akan lebih maksimal dalam melumasi komponen mesin sehingga mesin tetap sehat dan performanya optimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top