Sébastien Ogier dan co-driver Julien Ingrassia telah memenangkan Reli Monte-Carlo 2021 yang legendaris untuk kedelapan kalinya.

Juara dunia WRC 2020 ini memimpin rekan setimnya Elfyn Evans dan Scott Martin dalam finish satu-dua yang fantastis untuk TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team (TGR WRT) pada pembukaan putaran musim 2021.

Kalle Rovanperä dan Jonne Halttunen finish keempat untuk melengkapi akhir pekan yang luar biasa bagi tim TGR di awal musim reli dunia 2021.

Kemenangan ini juga merupakan kemenangan ke-50 bagi Ogier dan Ingrassia di Kejuaraan Reli Dunia dan merupakan pereli kedua yang mencapai rekor tersebut.

Prestasi ini adalah pertama kalinya tim memenangkan ajang paling bergengsi Reli Monte-Carlo dengan Toyota Yaris WRC, setelah naik podium setiap tahun sejak debutnya di tahun 2017.

Merupakan kemenangan keempat Reli Monte-Carlo dalam sejarah Toyota, tepat setelah 30 ulang tahun kemenangan perdananya di tahun 1991.

Monte-Carlo Rallye memenuhi reputasinya sebagai ajang paling menyulitkan di kalender WRC dengan tantangan khusus untuk tahun ini.

Jadwal yang diubah untuk mengikuti pembatasan akibat wabah COVID-19 di Prancis berarti bahwa beberapa tahapan berlangsung sebelum fajar lengkap dengan es dan salju.

Tim WRC juga harus mengatasi masalah ban dari pemasok tunggal baru Pirelli pada lomba dimana pilihan ban selalu penting untuk menentukan hasil akhir.

Toyota Yaris WRC memimpin reli dari tahapan ketiga pada Jumat pagi, dengan Rovanperä, Ogier dan kemudian Evans bergiliran memimpin selama hari terpanjang reli tersebut.

Ogier mengklaim keunggulan dengan kemenangan tahapan awal pada tes pertama hari Sabtu.

Dia memanfaatkan keunggulan 13 detik atas Evans di hari terakhir, ketika memenangkan tiga dari empat tahapan – termasuk Power Stage yang mengakhiri reli – untuk mempertahankan gelarnya dengan cara yang sempurna.

Dengan posisi kedua, Evans membuat awal yang baik untuk posisinya tahun ini, sementara Rovanperä memulai musim keduanya di level tertinggi reli setelah berjuang untuk podium di reli paling menuntut ini.

Kerusakan ban pada etape pertama hari Minggu membuat Rovanperä kehilangan posisi tiga besar, tetapi dia menyelesaikannya dengan waktu tercepat kedua di Power Stage.

Dengan Evans tercepat ketiga, tim mengunci posisi tiga teratas di Power Stage, yang mulai musim ini juga memberikan poin bonus untuk kejuaraan pabrikan.

Ini, dikombinasikan dengan posisi satu-dua di reli, berarti tim mengambil poin maksimum dari ajang pembukaan. Sebuah awal yang menggembirakan bagi Team Principal Jari-Matti Latvala saat berupaya membangun karya pendahulunya Tommi Mäkinen.

Pembalap TOYOTA GAZOO Racing WRC Challenge Program Takamoto Katsuta menjadikan empat pembalap Yaris WRC di enam besar kalsemen umum saat ia menyelesaikan Reli Monte-Carlo untuk tahun kedua berturut-turut dan mencetak hasil WRC terbaiknya sejauh ini.