Tambah Paham Servis Besar dan Penggantian Komponennya agar Tidak Dibohongi Mekanik

Saat melakukan servis, ada kalanya Anda takut diperdaya oleh oknum mekanik yang sering melakukan penggantian komponen yang sebenarnya tidak perlu dilakukan pada motor Anda. Ada saja memang oknum mekanik yang berusaha mencurangi kliennya dengan cara tersebut. Akan tetapi, sebenarnya, memang pada situasi tertentu, ada komponen motor yang umumnya harus diganti, biasanya saat melakukan servis besar.

Servis besar motor umumnya dilakukan pada motor yang sudah cukup berumur atau sudah menempuh jarak yang tinggi.

Saat melakukan servis besar mesin motor, mekanik biasanya mengecek area mesin dengan cara membongkar total atau istilahnya “belah mesin”.

Saat melakukan “belah mesin”, pemeriksaan berfokus di area blok dan head silinder untuk mengecek kondisi komponen di dalam mesin motor.

Biasanya, saat servis besar dilakukan, ada pengecekan terlebih dahulu kemudian akan ada penggantian  komponen yang memang mengalami keausan atau kerusakan.

Servis besar sendiri disarankan dilakukan setiap motor sudah menempuh kelipatan 50.000 km. Biaya jasa melakukan servis besar pun beragam, kisarannya antara 400—500 ribu rupiah, belum termasuk penggantian komponennya.

Biasanya akan ada tiga komponen yang harus diganti saat melakukan servis besar.

Komponen pertama itu tentu saja paking, baik paking head maupun paking blok silinder harus ganti baru. Sebab, paking yang sudah dilepas akan rusak dan harus ganti baru untuk mencegah terjadinya kebocoran pada mesin.

Pasalnya, jika tidak langsung diganti dan dipasang yang lama lalu terjadi kebocoran, Anda akan merugi dua kali lipat untuk lakukan pembongkaran lagi.

Hal tersebut tidak sebanding dengan harga paking yang cukup terjangkau.

Lalu, komponen lain yang biasanya diganti adalah sil klep. Karena umur pakai sil klep ini sekitar 40—50 ribu km, baiknya ini diganti berbarengan dengan servis besar.

Komponen terakhir yang biasanya diganti adalah ring piston, sama seperti sil klep, umur dari ring piston itu sekitar 50 ribu km dan mulai mengalami keausan.

Jadi, sebaiknya jangan tunggu motor Anda “ngebul” baru ganti, kalau memang motor Anda sudah menempuh jarak 50 ribu kilometer dan sedang lakukan servis turun mesin, komponen-komponen tadi baiknya diganti sekalian.

Untuk biaya part seperti paking, seal klep, dan ring piston tidak mahal dan hanya tambah sekitar 100-an ribu rupiah saja untuk semuanya.

Servis besar ini juga wajib Anda lakukan ketika membeli motor bekas yang sudah menempuh jarak kelipatan 50.000. Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir “dikerjai” oleh oknum mekanik lagi karena sudah lebih paham terkait serba-serbi servis besar dan penggantian komponen mesin. Intinya, tidak perlu sampai servis besar atau “belah mesin” jika jarak tempuh motor Anda belum mencapai 50 ribuan km.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top