Serba-Serbi Oli Gardan Motor Matic

Ada sebuah tips buat Anda pemilik motor matic, yaitu terkait servis CVT motor matic. Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah terkait takaran oli gardan yang harus sesuai anjuran.

Saat servis CVT motor matic, disarankan juga untuk mengecek kondisi oli gardan atau oli girboks motor matic.

Memang oli gardan tidak perlu diganti setiap kalian melakukan servis CVT motor matic.

Seperti dikutip dari GridOto.com, melalui pandangan seorang praktisi otomotif, “Kalau patokannya itu setiap 8.000-10.000 kilometer pemakaian, disarankan ganti oli gardan atau oli girboks ini,” buka Afridzal Adam owner Afridzal Motor di Jl. Walang Raya No.28, Plumpang, Jakarta Utara.

Sebenarnya masih banyak para penggguna awam atau pengguna motor matic tidak mengetahui kalau motor matic seharusnya lakukan ganti oli gardan secara berkala.

“Banyak orang tahunya itu cuma ganti oli mesin saja, tidak tahu kalau ada oli gardan yang bertugas melumasi area girboks motor matic,” tambah Afridzal.

“Padahal, kalau oli gardan ini tidak diganti atau telat ganti tentu akan merusak area girboks. Kalau sampai rusak harga perbaikannya bisa tembus ratusan ribu,” wantinya.

Rata-rata oli gardan motor matic ini juga dijual terjangkau, hanya Rp 20 ribuan saja per botolnya.

“Tapi saat ganti harus perhatikan takarannya, jangan sampai kurang atau kelebihan,” tegasnya.

“Contoh kalau di motor-motor matic Honda itu takarannya 120 ml. Sementara di motor matic Yamaha itu berbeda-beda, ada yang 100 ml ada yang 150 ml,” bilangnya lagi.

Kalau takaran oli yang dimasukan sampai kurang, tentu bisa bikin pelumasan tidak maksimal, gesekan komponen girboks akan tinggi dan rawan merusak.

“Sementara kalau kebanyakan, kerja girboks jadi berat dan berefek pada tarikan mesin yang berat jadi jangan sampai takarannya salah,” tutupnya.

Kalau kalian bingung berapa takaran oli gardan di motor kalian, umumnya info ini tertulis di buku panduan servis, dan tertera angka juga di dekat lubang memasukan oli gardan ya.

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *