Pemilik Mobil Wajib Tahu, Apa Itu Arti Viskositas Pada Oli

Sahabat Oto… Mobil pribadi tidak bisa dipungkiri menjadi moda transportasi paling nyaman dan aman untuk masyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Namun tidak semua pemilik mobil mengerti dan memiliki perhatian yang cukup terhadap kendaraan yang selalu digunakan oleh mereka sehari-hari bahkan banyak diantaranya yang dalam merawat kendaraannya berdasarkan ilmu “katanya”.

Salah satu informasi yang jarang diketahui oleh pemilik kendaraan adalah mengenai kekentalan oli mesin yang digunakan atau yang biasa disebut dengan viskositas. Banyak diantaranya yang beranggapan “oli makin encer itu makin bagus”, meskipun tidak salah, pernyataan tersebut juga tidaklah benar.

Viskositas atau kekentalan oli ini merupakan salah satu unsur kandungan oli yang paling rawan karena hal ini berkaitan dengan ketebalan oli atau seberapa besar hambatannya untuk mengalir. Kekentalan oli langsung berkaitan dengan sejauh mana oli berfungsi sebagai pelumas sekaligus pelindung benturan antar permukaan logam.

Di dalam mesin, oli harus mengalir ketika berada di suhu mesin. Mengalir secara cukup agar terjamin pasokannya ke komponen-komponen yang bergerak.

Semakin kental oli, maka lapisan yang ditimbulkan menjadi lebih tebal. Lapisan pada oli kental memberi kemampuan ekstra menyapu atau membersihkan permukaan logam yang terlumasi. Sebaliknya oli yang terlalu kental akan memberi hambatan yang lebih besar ketika mengalir pada temperatur rendah sehingga mengganggu jalannya pelumasan ke komponen yang dibutuhkan. Untuk itu, oli harus memiliki kekentalan yang tepat baik itu pada saat temperatur tertinggi atau temperatur terendah ketika mesin dioperasikan.

Agar tingkat kekentalan setiap oli memiliki standar yang sama, maka derajat kekentalan oli ini diatur oleh Society of Automotive Engineers sehingga standar kekentalan oli biasanya disebut dengan SAE.

Sebagai contoh saja, bila pada kemasan oli tersebut tertera angka SAE 5W-30 berarti oli memiliki kekentalan 5 pada temperatur dingin di musim dingin (Winter), dan kekentalan 30 pada temperatur 100 derajat celcius.

Lalu berapakan tingkat kekentalan yang tepat untuk sebuah mobil?

Kekentalan yang tepat untuk sebuah mobil tergantung dari spesifikasi mobil tersebut. Umumnya, mobil-mobil keluaran terbaru memiliki tingkat kekentalan yang lebih rendah dari 5W-30 (Contoh: 0W-16, 0W-20).

Hal ini disebabkan karena mesin mobil yang diproduksi akhir-akhir ini memiliki kerapatan antar komponen yang makin tipis dan juga banyak celah-celah kecil yang hanya bisa dilalui oleh oli encer. Oleh karena itu menggunakan oli yang lebih kental misalnya 20W-50 pada mesin seperti ini kurang baik karena akan mengganggu debit aliran oli pada mesin dan tentunya akan membuat kerja pompa oli semakin berat.

Sedangkan untuk mobil dengan usia yang lebih tua, clearance bearing atau kerapatan antar komponennya lebih besar sehingga penggunaan oli kental lebih baik untuk menjaga tekanan oli normal dan menyediakan lapisan film cukup untuk bearing atau komponen bergerak lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top