Sahabat Oto…. Ketika memiliki sebuah mobil idaman, Tidak hanya saja ekterior yang perlu diperhatikan namun juga interior mobil merupakan salah satu bagian terpenting yang wajib diperhatikan dan dijaga kebersihannya.

Kebersihan interior harus selalu diperhatikan terlebih bagi Sahabat Oto yang sudah berkeluarga apalagi masih memiliki balita, tentunya kebersihan bagian interior ini patut diperhatikan baik itu saat digunakan maupun setelah mobil selesai digunakan.

Salah satu bagian yang patut menjadi perhatian di dalam interior mobil adalah dashboard, dashboard harus selalu dibersihkan secara berkala karena jika hal tersebut tidak dilakukan maka debu nantinya akan menumpuk terlebih ketika ada sisa-sisa makanan yang menempel di dashboard tentu akan mengundang semut dan serangga untuk tinggal di sana. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan oleh Sahabat Oto agar kondisi dashboard sahabat oto selalu bersih dan tentunya kinclong.

Bersihkan Menggunakan Lap Mikrofiber.

Lap microfiber sangat efektif digunakan untuk mengangkat kotoran seperti halnya debu di permukaan dashboard. Selain halus dan tidak meninggalkan goresan-goresan, debu pun tidak akan beterbangan ke tempat lain seperti halnya kalau kita membersihkannya dengan menggunakan kemoceng.

Gunakan Vacuum Cleaner

Penggunaan vacuum cleaner biasanya untuk membersihkan bagian dalam interior mobil. Namun karena pada dashboard terlalu banyak sudut sempit yang tidak memungkinkan untuk dibersihkan, gunakanlah vacuum cleaner kecil untuk membersihkannya atau bisa menggunakan bantuan kuas kecil sambil menyedotnya dengan vacuum cleaner agar debu bisa lebih mudah tersedot.

Selalu Tutup Kaca Ketika Berkendara

Debu dan kotoran akan mudah masuk ketika kaca mobil dalam keadaan terbuka. Walaupun udara diluar mobil sejuk, namun kita tidak memastikan bahwa udara tersebut benar-benar bersih. Kebiasaan membuka kaca saat berkendara akan membuat debu dengan mudah masuk ke dalam dan mengendap di seluruh bagian kabin mobil.

Segera bersihkan sisa dan noda makanan

Dalam perjalanan menggunakan mobil, pasti banyak yang suka memakan cemilan atau membawa minuman . Perhatikan apakah ada yang berceceran atau tumpah. Jika terlihat sisa makanan dan tumpahan minuman atau bekas minyak dari tangan yang menmpel pada dashboard segera bersihkan dengan tisu basah.

Gunakan Produk Pembersih Khusus Dashboard

Pastikan terlebih dahulu terbuat dari material apa dashboard Sahabat Oto. Pada umumnya dashboard mobil terbuat dari bahan plastik, tapi sebagian mobil ada yang telah dilapisi oleh kulit. Karena beda bahan beda juga perawatannya. Untuk membersihkan dashboard berbahan dasar plastik banyak produk yang bisa digunakan seperti dashboard cleaner. Sedangkan jika dashboard Sahabat Oto dilapisi oleh bahan kulit. Gunakan pembersih yang sudah dilengkapi dengan pelembab yang bisa melembabkan permukaan dashboard, karena jika dibiarkan tanpa dirawat akan merusak tekstur dari dashboard itu sendiri.