Sahabat Oto… Seiring penggunaan, cairan radiator atau yang biasa kita sebut dengan radiator coolant akan mengalami penurunan kualitas terlebih ketika kita pernah menambahkan air biasa sehingga persentase radiator coolantnya berkurang.

Radiator coolant perlu diganti ketika sudah mengalami perubahan warna baik warnanya menjadi lebih pudar atau ketika berubah menjadi coklat, perubahan warna ini merupakan tanda sudah waktunya dilakukan pengurasan cairan radiator sebelum kembali diisi dengan cairan radiator yang baru.

Untuk melakukan pengurasan cairan radiator tidaklah susah, selama Sahabat oto melakukan urutan langkahnya dengan benar, proses pengurasan dan pengisian kembali cairan radiator akan berjalan dengan sukses.

Sebelum melakukan pengurasan, alangkah lebih baik Sahabat oto untuk membaca buku manual perawatan radiator mobil sahabat oto terlebih dahulu, ketahui berapa kapasitas dari radiator dan dimana saluran pembuangannya.

Setelah membaca buku manual dengan seksama, jangan lupa untuk melengkapi diri dengan alat pelindung diri seperti kacamata dan sarung tangan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pengurasan.

Setelah semua siap, Sahabat Oto tinggal mengikuti langkah-langkah berikut:

Yakinkan mesin dalam keadaan dingin, kemudian buka lubang pengisian radiator dan buang air radiator hingga habis setelah itu kembali tutup lubang pembuangan. Tuangkan Prestone Radiator Flush + Cleaner ke dalam radiator. Untuk radiator yang memiliki kapasitas di atas 11 liter, gunakan dua botol Prestone Radiator Flush + Cleaner dan tambahkan air bersih hingga penuh.

Langkah berikutnya nyalakan mesin hingga mesin berada pada suhu kerja selama 10 menit. Setelah mesin dinyalakan selama 10 menit, kemudian kembali matikan mesin, dan biarkan dingin terlebih dahulu setelah itu buang air radiator.

Isi kembali radiator dengan air bersih dan nyalakan mesin hingga mesin hingga berada pada suhu kerja selama 10 menit. Matikan kembali mesin, biarkan dingin, selanjutnya buang air radiator (lakukan hal ini hingga radiator benar-benar bersih). Setelah radiator bersih, isi radiator dengan Prestone Radiator Super Coolant dan air (dengan perbandingan 50% – 70% coolant) atau Prestone Ready To Use Radiator Coolant.

Setelah seluruh proses dilakukan, cek sistem radiator dari kebocoran, jika tidak ada kebocoran proses pengurasan sudah selesai dan mobil siap kembali digunakan.