Modifikasi yang Malah Bikin Mobil Jadi Gampang Dimaling

Keamanan kendaraan Anda tentunya sangat penting. Anda pasti tidak mau kendaraan Anda sampai tercuri orang. Sayangnya, mobil bisa dicuri dengan berbagai cara, mulai dari pembobolan paksa hingga tindak kekerasan terhadap pemilik mobil.

Namun, ternyata ada aksesori mobil yang justru bikin peluang mobil dicuri jadi lebih besar.

Salah satu aksesori yang malah bisa meningkatkan peluang dicuri adalah tombol engine start. Dengan menggunakan tombol engine start, risiko mobil dicuri jadi semakin tinggi.

Maling akan lebih mudah membobol mobil konvensional yang dimodifikasi pada bagian starter mobilnya, yaitu pemasangan tombol engine start.

Jadi, jika sebenarnya mobilnya awalnya tidak menggunakan tombol engine start, tetapi dimodifikasi menggunakan pakai tombol engine start tingkat keamanannya malah jadi semakin rendah.

Perangkat ini diklaim banyak mekanik justru berbahaya karena dapat mengubah sistem kunci starter pada mobil.

Ketika dimodifikasi menjadi tombol engine start, mode starter mobil sebenarnya dirubah jadi standby di posisi ACC terus.

Hal ini berakibat siapapun yang bisa menjebol pintu mobil, bisa langsung menghidupkan mesin meskipun tanpa kunci.

Karena sebenarnya tombol engine start yang modifikasi tadi, fungsinya hanya seperti saklar on/off saja.

Berbeda dengan sistem mobil yang sudah menggunakan immobilizer dan menggunakan tombol engine start dari pabrik.

Kalau kunci immobilizer sudah dilengkapi dengan cip, baik di kunci dan ECU mobil sehingga akan jauh lebih aman dibandingkan dengan aksesori aftermarket.

Cip dalam sistem engine start bawaan pabrik ini berfungsi menyelaraskan kode yang sama antara kunci mobil dengan ECU mobil melalui metode transmitter proximity.

Jadi, sebenarnya kunci mengirim sinyal ke ECU mobil, ECU mobil mendeteksi dan menyelaraskan kode, baru mobil bisa dihidupkan.

Oleh karena itu, sebaiknya mobil yang telanjur dimodifikasi menggunakan tombol engine start tambahan, dikembalikan jadi standar saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top