Masalah Yang Sering Muncul Ketika Mobil Lama Terparkir

Sahabat Oto… Pendemi memaksa sebagian besar menjalani aktifitas dari rumah mulai dari kegiatan bekerja belajar bahkan belanja. Hal ini membuat banyak pemilik mobil terpaksa memarkirkan kendaraannya lebih lama di garasi.

Namun ketika mobil lama terparkir di garasi bukan berarti mobil kita aman dari masalah Sahabat Otro. Ternyata mobil yang hanya diparkirkan di garasi juga bisa menyebabkan mobil menjadi mogok. Berikut ini beberapa hal yang perlu Sahabat Oto waspadai ketika lama memarkirkan mobil kesayangannya di garasi.

Aki Baterai Habis.

Mobil yang terparkir di garasi dalam waktu yang lama bisa saja menghabiskan aki baterai mobil. Secara umum aki baterai harus diisi daya enam minggu sekali untuk memaksimalkan daya aki baterai. Memang aki baterai mempunyai umur tertentu, namun oksidasi dari aki baterai kadang bisa terjadi. Selain aki baterai, kabel-kabel kelistrikan mobil juga bisa saja digigit oleh tikus. Ruang mesin yang kering dan terlalu lama didiamkan bisa membuat aman dan nyaman tikus untuk tinggal.

Bahan bakar dan Oli yang mengendap

Tidak bisa dipungkiri, bahan bakar atau oli sebagus apapun pasti ada kotoran, hal tersebut membuat saluran bahan bakar maupun oli bisa mengendap lalu dalam waktu tertentu bisa merusak ruang mesin. Oli mobil yang tidak rutin diganti bisa menurunkan kualitas oli, oli yang terlalu kental bisa merusak mesin secara perlahan.

Debu di dalam kabin dan saluran sistem AC

Saluran sistem  AC juga bisa terpengaruh dari mobil yang jarang dipakai. Jika mobil tersimpan di garasi terlalu lama filter dan saluran sistem AC dapat dihinggapi debu dan bakteri dari lingkungan sekitar mobil. Terlebih ketika mobil di parkir di luar rumah, kuantitas debu akan semakin banyak dan tentunya akan menjadi masalah.

Ban kempis sampai rem berkarat.

Selain mesin dan interior mobil, kaki-kaki mobil juga bisa terimbas dari mobil yang jarang dipakai. Tekanan udara dari ban akan secara perlahan turun jika mobil hanya terparkir, tapi bukan hanya itu rem berkarat juga harus diwaspadai – terutama rem cakram- ketika mobil jarang dipakai. Saat pemakaian kaki – kaki mobil pasti terkena percikan air, kotoran, dan lainnya. Hal tersebut yang membuat sulit untuk dibersihkan. Indikasi dari rem cakram berkarat yaitu mengeluarkan bunyi ketika diinjak, secara fisik akan terlihat karat disekitar disc brake. Jika tidak cepat ditangani, hal terburuk bisa saja terjadi saat anda berkendara.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top