Ken Block Meninggal Dunia

Di awal tahun baru 2023, kabar duka muncul dari dunia motorsport, pereli profesional, Ken Block, meninggal dunia setelah mengalami kecekaaan saat mengendarai snowmobile di Utah, Amerika Serikat, Senin (2/1/2023).

Ken Block sudah termashyur dikenal karena aksinya yang mendebarkan di event X Games, yaitu program tahunan olahraga esktrem.

Di dunia reli, Ken Block memulai kariernya tahun 2005 di tingkat nasional dan beberapa kali ikut seri kejuaraan dunia reli, serta berkompetisi di reli X Games.

Seperti dikutip dari GridOto.com, pria kelahiran California, Amerika Serikat ini juga beraksi di skateboarding, snowboarding, motocross, gymkhana yang videonya banyak ditonton orang.

Sayang,  perjalanan karier Ken Block terhenti karena ia meninggal dunia pada usia 55 tahun dalam kecelakaan snowmobile di dekat Woodland, Utah, Amerika Serikat pada tanggal 2 Januari 2023.

Seorang sheriff di Wasatch County melaporkan bahwa Ken Block sedang berkendara di daerah Mill Hollow ketika snowmobile-nya terbalik di lereng yang curam dan mendarat di atasnya.

Block dinyatakan meninggal dunia di lokasi kecelakaan karena luka yang diderita dalam kecelakaan akibat ketiban snowmobile itu dan begini kronologi singkatnya.

“Pada tanggal 2 Januari 2023 sekitar pukul 14:00, Wasatch County 911 Center menerima telepon yang melaporkan kecelakaan snowmobile di daerah Mill Hollow,” bunyi pernyataan dari Kantor Sheriff Wasatch County.

“Search and Rescue (SAR), bersama dengan penegak hukum dari Kantor Sheriff Wasatch County, Utah State Parks dan U.S. Forest Service merespons,” lanjut pernyataan itu.

“Mr. Block sedang berkendara dengan rombongan tetapi sendirian saat kecelakaan itu terjadi.

Kantor Pemeriksa Medis Negara akan menentukan penyebab resmi kematian.
Kami sedih mendengar kehilangan Kenneth dan hati kami bersama keluarga dan teman-temannya sangat terpengaruh.

Kami berterima kasih kepada semua responden pertama kami atas layanan mereka yang berkelanjutan.”

Selama kariernya di dunia motorsport, Ken Block sudah malang melintang di berbagai ajang balap khususnya reli.

Semarak ajang balap Monza Rally Show yang biasa diikuti legenda MotoGP, Valentino Rossi, pun juga pernah dirasakan oleh Ken Block.

Ken Block pernah ikut Monza Rally Show pada tahun 2014 silam, dan kebetulan satu tim dengan Valentino Rossi mengendarai Ford Fiesta RS WRC.

Kala itu Ken Block harus bertarung melawan banyak nama beken dari ajang balap lain di seluruh dunia.

Di antaranya juara F1 tujuh kali Lewis Hamilton, serta juara NASCAR Cup Series Kurt Busch, serta legenda motocross Antonio Cairoli yang hadir di Monza Rally Show 2014.

Kala itu balapan Monza Rally Show 2014 dimenangkan oleh Robert Kubica yang keluar sebagai juaranya.

Meninggalnya Ken Block ini menjadi kehilangan besar di dunia motorsport, bahkan dunia otomotif secara keseluruhan.

Meski bukan juara dunia seperti halnya Rossi ataupun Hamilton, kontribusi Ken Block di dunia balap sangat besar di dunia balap internasional dan basis fansnya cukup besar di dunia.

Banyak tokoh motorsport terkenal mengagumi sosok Ken Block, bahkan tak segan memanggilnya sebagai legenda.

Ken Block dengan gagasan serial Gymkhana-nya juga menjadi gebrakan baru yang viral di dunia motorsport beberapa tahun silam.

Block juga menjadi co-founder brand terkenal DC Shoes yang kini produknya tersebar luas di seluruh dunia.

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *