Jorge Martin Berjaya di MotoGP Styria 2021, Pedrosa dan Savadori Apes

Laga balap yang seru tersaji pada gelaran MotoGP Styria, yang berlangsung di Red Bull Ring di Spielberg. Pembalap tim Pramac Racing, Jorge Martin, berhasil meraih kemenangan pada MotoGP Styria 2021, Minggu (8/8). Pertarungan ketat sudah terjadi sejak awal balapan dari kelompok depan hingga belakang. Saat balapan baru mencapai lap 3, terjadi kecelakaan parah yang dialami oleh Dani Pedrosa dan Lorenzo Savadori.

Kecelakaan bermula saat Dani Pedrosa terjatuh, tetapi posisinya masih berada di racing line. Beberapa pembalap bisa menghindari Pedrosa, tetapi nahas bagi Lorenzo Savadori. Tabrakan tidak bisa dihindarkan dan api membakar motor mereka.

Meskipun motor Pedrosa terlihat sampai gosong dilalap api, Pedrosa dan Savadori selamat dari sial yang berlebih. Red flag dan balapan dihentikan sampai trek bersih kemudian dilanjut lagi dengan urutan seperti awal balapan. Tanpa ada cedera, Dani Pedrosa masih bisa melanjutkan balapan dengan motor kedua. Lorenzo Savadori juga dinyatakan fit untuk balapan kembali, tetapi sayangnya masih ada rasa sakit di kakinya sehingga memilih untuk tidak melanjutkan balapan.

Saat warm up lap dimulai untuk start ulang, masalah teknis dialami oleh Maverick Vinales yang akhirnya harus start dari pit lane. Pertarungan ketat kembali terjadi pada start ulang di mana Jack Miller tampil bagus dan mengambil alih balapan di awal. Namun, Jorge dan Joan Mir tampil sangat cepat dan berhasil melewati Miller kemudian bersaing di posisi terdepan. Pada akhirnya, balapan dimenangkan Jorge Martin, pembalap Spanyol yang kini berusia 23 tahun.

Ini jadi kemenangan pertama bagi Martinator di MotoGP. Joan Mir dengan motor Suzuki GSX-RR mengamankan posisi kedua setelah tak sanggup mengejar Martin yang terlalu cepat dengan Ducatti Desmosedici GP21-nya. Podium ke-3 diamankan Fabio Quartararo yang sempat bersaing dengan Jack Miller, tetapi kemudian Miller crash saat balapan tinggal menyisakan 10 putaran. Brad Binder dan Takaaki Nakagami mengamankan 5 besar, sementara Marc Marquez berada di posisi ke-8. Sementara itu, Valentino Rossi hanya sanggup finis di posisi ke-13 pada balapan ini.

Berikut hasil balapan MotoGP Styria 2021:

Naik podium MotoGP Styria 2021, Fabio Quartararo berhasil meninggalkan saingannya lebih jauh di klasemen sementara MotoGP 2021. Dapat tambahan 16 poin, Fabio Quartararo kokoh di puncak klasemen dengan 172 poin. Johann Zarco yang cuma finis keenam hanya punya 132 poin saat ini, membuatnya tertinggal 40 poin dari Quartararo.

Joan Mir yang finis di posisi kedua berhasil naik satu posisi dan kini berada di peringkat 3 dengan 121 poin. Francesco Bagnaia harus turun ke posisi 4 dengan koleksi 114 poin saja. Pecco tepat berada di atas sang rekan, Jack Miller, yang tak bisa menambah poin karena gagal finis pada balapan di Red Bull Ring ini. Jorge Martin yang menang balapan berhasil melesat ke peringkat 12 klasemen dengan 48 poin. Dengan ini Martin memimpin perebutan gelar Rookie of The Year melawan Enea Bastianini, Luca Marini, dan Lorenzo Savadori yang baru jadi pembalap reguler tahun ini.

Sementara itu, Valentino Rossi tak mengalami pergerakan apapun di klasemen. Berhasil finis di posisi ke-13, Rossi tetap berada di peringkat 19 dengan 20 poin. Jika begini-begini saja, Rossi berpeluang pensiun dengan raihan poin paling sedikit sepanjang kariernya.

Berikut klasemen sementara MotoGP 2021 usai balapan MotoGP Styria 2021.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top