Jangan Ngebut dengan Ban Motor Baru

Jika Anda baru saja mengganti ban motor, jangan pernah langsung gunakan motor Anda dengan ugal-ugalan, hal tersebut cenderung bisa berbahaya buat Anda.

Jikalau Anda baru ganti ban motor, Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, salah satunya berkaitan dengan gaya mengendarai motor, yaitu jangan langsung kebut-kebutan dengan motor yang baru saja diganti bannya.

Karena sebenarnya ban motor baru ternyata harus tetap butuh waktu beradaptasi atau istilahnya inreyen.

Mengendarai hati-hati dengan motor yang baru mengganti ban harus dilakukan karena ban motor baru biasanya masih memiliki lapisan lilin yang memiliki sifat licin dan bisa membuat motor Anda mudah tergelincir.

Lapisan lilin ini terbentuk saat pembuatan ban, atau biasa kita sebut curing.

Lapisan lilin ini membuat ban tidak menempel satu sama lain ketika proses produksi, intinya untuk memudahkan saat produksi ban.

Selain itu, lapisan lilin ini berfungsi agar kompon ban tidak rusak selama penyimpanan, tapi tentu saja lapisan ini juga bisa bikin ban jadi licin saat pertama kali digunakan.

Memang lapisan ini bisa hilang dengan cepat, tapi disarankan ketika baru ganti ban jangan buru-buru kebut-kebutan di jalan dengan motor Anda.

Pakai santai saja supaya lapisan lilin di ban bisa hilang dan kemudian daya cengkram ban Anda bisa maksimal.

Nah, jadi buat bikers yang berencana ganti ban motor pastikan kalian tidak buru-buru gaspol atau ngebut dengan ban baru.

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *