Cara Mudah Menghilangkan Suara Berdecit Pada Rem

Cara Mudah Menghilangkan Suara Berdecit Pada Rem

Sahabat Oto…. Selepas melibas jalanan yang memiliki genangan air atau setelah berkendara dalam kondisi hujan kadang rem mobil kerap mengeluarkan bunyi berdecit yang tentunya suara tersebut kadang cukup mengganggu.

Saat melaju di jalanan yang beraspal basah percikan air timbul sebagai akibat dari gesekan kendaraan dengan jalanan menyebabkan mengenai bagian piringan cakram, sehingga rem mobil mengeluarkan suara agak nyaring. Dalam kondisi hujan suara seperti ini akan hilang sendirinya ketika kondisi jalannya menjadi kering.

Namun kalau bunyi berdecit itu terus muncul ketika berada di jalan yang kering, penyebabnya bisa disebabkan karena menumpuknya debu pada bagian pengereman baik itu untuk kendaraan yang sudah menggunakan cakram maupun yang masih menggunakan tromol.  

Partikel halus debu tersebut kemudian bakal menghalangi kampas rem ketika pengereman dilakukan. Saat kampas sudah terhalangi, maka rem pun bakal mengeluarkan suara berdecit.

Untuk mengatasi hal tersebut, sahabat oto bisa membersihkan rem dengan menggunakan cairan brake cleaner, cara penggunaannya tidak sulit, sahabat oto tinggal melepas roda pada bagian rem yang akan dibersihkan kemudian semprot piringan cakram atau tromolnya dan bagian canvasnya sampai bersih.

Setelah dilakukan penyemprotan dan kotorannya hilang tunggu hingga mengering kemudian pasang kembali roda ban, kencangkan murnya dan mobil pun siap untuk kembali digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top