Sahabat Oto… Transmisi otomatis menawarkan kemudahan kepada penggunanya selama mengendarai mobil. Dengan perpindahan gigi lebih cepat berkat ketiadaan kopling, semakin banyak yang memilih mobil dengan transmisi otomatis.

Namun terdapat beberapa informasi berharga yang wajib agar mobil tidak mengalami kerusakan. 

Pastikan Posisi Gigi P Saat Parkir

Banyak orang yang salah kaprah dengan keberadaan gigi P (Parking) dalam transmisi otomatis apalagi saat parkir pararel. Ketika sudah berada dalam posisi parkir yang rapi, Sahabat Oto sebaiknya langsung mengubah gigi ke posisi P. Banyak kesalahan pengendara mobil otomatis yang malah memposisikan gigi ke N lalu mengaktifkan Parking Brake. Sudah jelas ada perbedaan prinsip kerja di antara gigi N dan P.

Ketika Anda memutuskan memarkir mobil lalu mengubah gigi ke posisi N dan mengaktifkan Parking Brake, yang bekerja bukanlah sistem gearbox, melainkan kampas rem. Jadi kampas rem akan menjepit piringan disc brake. Inilah yang akhirnya membuat mobil tidak bergerak.

Namun yang seharusnya dilakukan adalah memasukkan ke gigi posisi P karena sistem gearbox akan memberikan ganjalan pada gigi-gigi roda sehingga membuat mobil tak dapat bergerak. Tentu saja ini adalah cara paling benar.

Waspada Dalam Jalanan Menanjak dan Turunan

Dalam jalanan menanjak dan turunan, coba praktikkan cara ini. Ketika Sahabat Oto  membutuhkan akselerasi lebih tinggi saat menanjak, ubah posisi gigi D ke D-3, D-2, atau L tanpa menginjak rem. Penempatan gigi ini akan memberikan akselerasi mobil sesuai kebutuhan tanpa takut terjadi kerusakan pada gearbox. Kemudian kalau sudah melewati jalanan menanjak, kembali posisikan gigi D.

Cara di atas juga dapat Anda lakukan ketika melewati jalanan turunan. Posisikan gigi ke D-3 atau D-2 agar mendapatkan engine brake yang baik. Cara ini membuat mobil tidak meluncur secara berlebihan serta penggunaan rem tak akan membuat kampas menjadi terlalu panas. Setelah melalui jalanan turun, ganti kembali ke posisi D.

Pindah ke Gigi N Ketika di Lampu Merah

Cara pindah gigi mobil matic saat jalan yang lainnya adalah selalu memindahkan ke gigi N saat berada di lampu merah. Kebiasaan buruk yang dilakukan ketika berhenti di lampu merah adalah posisi gigi tetap di D sambil menginjak pedal rem agar tidak bergerak. Cara ini malah memperpendek usia gearbox mobil Anda. Selain itu dapat mengikis kampas rem dengan lebih mudah. Usia pemakaian sudah paling lebih pendek dari yang seharusnya.

Padahal yang paling benar adalah memindahkan ke gigi N sambil menginjak pedal rem. Jika memang kondisi jalan sedang menanjak atau turunan, Anda dapat mengaktifkan fitur Parking Brake.
 

Pastikan Mobil Berhenti Sebelum Mundur

Sahabat Oto juga perlu memastikan mobil berhenti sebelum bermanuver mundur. Jadi saat ingin mundur, injak pedal rem, pastikan mobil berhenti, cek kondisi di belakang apakah aman, baru pindah ke gigi R. Sebaliknya juga begitu. Ketika ingin kembali melaju ke depan setelah mundur, pastikan mobil berhenti dengan injak pedal rem, lihat kondisi di depan, baru pindah ke gigi D. Cara ini membuat usia pemakaian gearbox lebih baik lagi.