Akhirnya Kini Jorge Lorenzo Bisa Terbebas Lilitan Utang Pajak

Salah satu pembapal jago MotoGP yang juga pernah dua kali juara dunia di kelas teratas MotoGP, Jorge Lorenzo, akhirnya bisa bernapas lega setelah bertahun-tahun jadi buronan.

X Fuera, julukan Jorge Lorenzo, baru saja memenangkan sidang penggelapan pajak dan pencucian uang yang dituntutkan oleh Badan Pajak Spanyol. Sudah bertahun-tahun, Jorge Lorenzo terus dalam bayang-bayang kasus penggelapan pajak ini.

Petugas pajak bahkan berulang kali menyambangi paddock saat Jorge Lorenzo masih aktif balapan di MotoGP. Hal itu tentu sangat mengganggu X Fuera—yang berarti sisi luar, julukan ini melekat padanya kala ia berhasil menyalip lawan-lawannya lewat sisi luar—dan mempengaruhi konsentrasinya selama berkompetisi. Lorenzo dituduh menggelapkan uang pajak senilai 35 juta euro atau senilai 599 miliar rupiah (kurs 1 euro senilai Rp 17.097 per 27 Juli 2021).

Badan Pajak Spanyol menilai Lorenzo mangkir dari pembayaran pajak mulai 2013 hingga 2015. Di sisi lain, Lorenzo menyangkal hal tersebut karena sudah pindah ke Lugano, Swiss, sejak tahun 2012 lalu. Pembalap kelahiran Palma de Mallorca ini mengaku sudah memindahkan asetnya dan melakukan wajib pajak di Swiss sejak 2013, setelah sempat mengalami masalah pajak juga di Inggris.

Perlu kita ketahui, Swiss memang negara yang sempurna bagi pengusaha dan atlet karena pajaknya yang sangat minim, hal ini sangat berbeda dengan Spanyol yang pajaknya terkenal sangat besar.

Oleh karena itu, jangan heran jika Lorenzo akhirnya memilih pindah ke Swiss. Selain Lorenzo, ada beberapa nama terkenal lain yang juga bermasalah dengan Badan Pajak Spanyol. Misalnya saja pembalap jadul—Sito Pons—kakak adik Aleix dan Pol Espargaro, juga mantan pembalap MotoGP seangkatan Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa. Bahkan nilai uang tuntutan Dani Pedrosa lebih tinggi dari tuntutan ke Jorge Lorenzo. Berbeda dengan Jorge Lorenzo, Aleix dan Pol Espargaro memilih tinggal di Andorra untuk bisa lepas dari jeratan pajak tinggi pemerintah Spanyol.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top