SHARE

Otomania, hari ini Jakarta hampir lumpuh gara-gara banyak daerah yang terendam air, bagi Otomania yang mobil atau motor terlanjur terendam, tidak perlu kuatir DR OTO menyarankan agar melakukan pemeriksaan sebagai berikut :

1. Pemeriksaan Pelumas

Pada dasarnya mesin mobil telah dirancang kedap air dan seluruh bagian cover mesin telah diseal dengan sealent tahan panas, sehingga apabila terendam kemungkinan kecil air dapat masuk dalam mesin. Terkecuali mobil pernah mengalami over heating sehingga engine jacket melengkung dan air radiator merembes masuk dalam mesin atau melalui katup pembuangan dan masuk melalui ring silinder ruang pembakaran. Bisa pula air masuk lewat air intake mobil yang akan cepat membuat mobil mogok.

Dalam kasus ini, Anda sebaiknya memastikan dengan cara memeriksa melalui stick oil. Caranya tarik stick oil yang umumnya berada disamping atau didepan mesin. Apabila oli terkontaminasi air umumnya warna oli berubah menjadi keruh susu. Namun bila Otomania pernah menerjang banjir, DR OTO tetap menyarankan untuk mengganti oli mesin (maupun oli gardan atau oli ATF) untuk mengurangi resiko kerusakan di masa depan. Pakailah pelumas yang dirancang khusus untuk iklim tropis yaitu STP SYNTHETIC MOTOR OIL With Tropical Formula. Bila mobil anda pernah menerjang banjir, mintalah pada bengkel Anda untuk melakukan Engine Flush supaya semua kontaminasi terbuang dengan sempurna sebelum mengganti oli mesin.

2. Minyak Rem

System rem memang telah dirancang kedap air namun sebaiknya untuk minyak rem segera diganti setelah banjir usai atau setelah musim hujan sudah berakhir. Ini dikarenakan minyak rem bersifat hydrophobic yang cendrung menyerap kelembaban dan selalu bersenyawa dengan air dan apabila terkontaminasi air jarang terlihat jelas secara visual. Namun hal ini dapat berakibat cairan minyak rem mengalami penurunan titik didih secara drastis dan tidak lagi tahan terhadap panas akibat gesekan sistem rem. Hal ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan minyak rem mudah mendidih dan dapat menyebabkan angin palsu dalam sistem rem dan meyebabkan rem blong. Sebaiknya kuras minyak rem secepatnya dan pastikan otomania hanya menggunakan STP Minyak Rem yang telah diakui terbaik (versi Majalah Mobil Motor) dan telah melampaui standarisasi internasional yang ditetapkan FMVSS.

Biasanya apabila mobil terendam dan mogok itu dikarenakan air masuk keruang bakar sehingga mesin mobil pincang bahkan susah dihidupkan, hal ini dapat diakibatkan sistem bahan bakar atau bahan bakarnya terkontaminasi air sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna, atau kepala busi basah atau bisa juga karena koil basah.
DR OTO sangat merekomendasikan selalu menyediakan STP Petrol Treatment dikendaraan Anda untuk mengantisipasi terjadinya mogok akibat bahan bakar atau sistem bahan bakar terkontaminasi air, karena STP PETROL TREATMENT berfugsi mengikat unsur asing dalam bahan bakar atau dalam sistem bahan bakar termasuk unsur air dan membuangnya melalui katup pembuangan.

Demikian tips DR OTO dan nantikan tips berikutnya.

Tinggalkan Pesan