SHARE

Otomania, mendahului kendaraan didepan kita bukanlah hal yang mudah dan tidak dapat dilakukan berdasarkan hawa nafsu semata, keselamatan adalah hal utama yang harus didahulukan, namun apabila terpaksa untuk mendahului Dr. OTO memberikan beberapa tips sebagai berikut :

1. Pastikan jalan didepan cukup luas untuk melakukan manuver dan pastikan ada ruang yang cukup untuk kendaraan Anda didepan kendaraan yang akan didahului.

2. Gunakan kecepatan pada torsi maksimum sekitar 3000 – 3500 RPM dan penggunaan porseneling disesuaikan pada torsi tersebut dalam kondisi kecepatan saat itu. (umumnya turun satu level saat mendahului sehingga kecepatan mencapai torsi maksimum).

3. Jangan panik atau gugup saat mendahului dan usahakan beri ruang cukup disamping kanan kendaraan Anda apabila sewaktu-waktu ada kendaraan yang berlawanan arah tiba-tiba muncul.

4. Pastikan kendaraan yang berlawanan arah cukup jauh dan cukup waktu bagi Anda kembali pada jalur kiri setelah mendahului.

5. Nyalakan sign kanan sebelum mendahului dan nyalakan lampu dim beberapa kali agar kendaraan didepan Anda mengetahui bahwa Anda minta jalan terutama mendahului bus & truck, nyalakan sign kiri setelah mendahului. Perhatikan sign kendaraan didepan Anda sebelum mendahului pada saat Anda menyalakan sign dan lampu dim untuk mendahului, Apabila kendaraan didepan Anda menyalakan sign kanan artinya ada kendaraan lain yang berlawanan arah atau mobil didepan Anda akan berbelok kekanan atau berubah jalur, dalam hal ini jangan memaksa mendahului karena berbahaya.  Biasanya kendaraan didepan Anda akan menyalakan sign kiri apabila kondisi memungkinkan untuk mendahului.

6. Pastikan kondisi dibelakang kendaraan Anda aman atau tidak ada kendaraan lain yang mencoba mendahului kendaraan Anda sebelum bermanuver.

7. Jangan mendahului pada jalur kiri karena sangat berbahaya.

8. Jangan mendahului pada jalur menanjak dan berkelok karena pengawasan Anda terhadap jalur yang berlawanan sangat minim.

9. Mendahului hanya pada jalur yang dianjurkan hal itu ditandai dengan pembatas jalur dengan garis marka terputus  ( pada marka jalan tanpa garis putus sangat tidak dianjurkan untuk mendahului karena berbahaya )

10. Jaga jarak dengan kendaraan didepan Anda ketika hendak mendahului.

11. Hati-hati pada pengendara sepeda motor saat melakukan manuver.

12. Jangan mengikuti kendaraan didepan Anda yang mendahului kendaraan lain karena berbahaya bukan saja bagi Anda tetapi juga bagi kendaraan yang akan Anda lalui dan kendaraan yang berlawanan arah yang tiba-tiba muncul.

Saran : Sebelum berpergian agar mobil Anda selalu dalam kondisi puncak dan responsif pastikan mobil Anda menggunakan STP Complite Complete Fuel System Cleaner (gunakan setiap 5000 km) dan STP Octane Booster setiap mengisi bensin.
Tujuannya agar seluruh system bahan bakar dari filter, injector, katup pemasukan, katup pembuangan dan ruang bakar bersih dengan demikian selain irit bahan bakar, mobil Anda lebih responsif untuk medahului kendaraan lain.

Demikian Tips Dr OTO, semoga bermanfaat dan nantikan tips Dr. OTO edisi berikutnya tanggal 6 Agustus 2012.

Tinggalkan Pesan