SHARE

Otomania, mudik telah tiba banyak yang harus dipersiapkan saat mudik terutama kondisi kendaraan yang akan membawa Kita pulang kampung, beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1.Ganti Oli mesin sesuai spesifikasi kendaraan anda. Pakailah oli yang memang dirancang untuk iklim tropis semisal oli STP Synthetic Motor Oil SAE 10W-40 Tropical Formula, atau dapat pula Otomania proteksi mesin dengan mencampurkan STP Oil Treatment agar mesin tetap prima walaupun digunakan dalam kondisi extrim. Sebaiknya menguras oli sebelum diganti dengan STP Engine Flush agar kerja oli akan lebih maksimal. (Ganti filter oli setelah oli dikuras)
2.Ganti oli filter & Saringan bensin serta saringan udara apabila sudah kotor.
3.Ganti busi dan periksa kabel busi serta coil. 4.Bersihkan Injector & Carburator dengan STP Complete Fuel System Cleaner atau Super Concentrate Injector Cleaner. Cukup dicampur dalam bensin saat isi bensin full tank.
5.Gunakan STP Octane Booster selama perjalanan untuk mengantisipasi BBM tidak standar dan menjaga stamina kendaraan tetap prima serta untuk menghemat BBM.
6.Pastikan mesin dalam kondisi baik, tidak ada rembesan oli atau adanya karat di ujung terminal baterai aki,  Terminal aki yang kotor bisa menghambat suplay listrik serta mengganggu dinamo starter. Apabila hal ini terjadi sebaiknya dibersihkan dan kebocoran segera diperbaiki.
7.Periksa kapasitas oli mesin dengan kondisi mesin mati. Cabut tongkat indikator oli. Bersihkan dan masukkan kembali, setelah itu tarik lagi. Periksa tingkat ketinggiannya. Normalnya ketinggian oli ada di antara tanda LOW dan FULL. Jika oli berada di level paling bawah dan terlihat sangat kotor ada kemungkinan terjadi kebocoran atau oli masuk keruang bakar hal ini perlu diantisipasi dengan menggunakan STP Smoke Treatment.
8.Kuras Radiator dan pastikan Otomania menggunakan Prestone Radiator Coolant untuk menjamin mesin aman dari over heating.
9.Periksa Minyak rem dan ganti apabila telah mencapai 20,000 KM atau 1 tahun dan pastikan Otomania menggunakan STP Break Fluid DOT 3 yang telah terjamin mutu dan kualitasnya.
10.Periksa Minyak Power Steering, kuras apabila sudah kotor atau sudah dipakai lebih dari 20,000 KM  dan pastikan Otomania menggunakan Minyak Power Steering yang dirancang khusus untuk itu  sebaiknya mengganti dengan STP Power Steering Fluid yang sudah pasti kualitasnya.
11.Perikasa semua lampu dan lampu indikator,  ganti apabila putus (sebaiknya membawa lampu serep).
12.Periksa oli gardan dan oli porseneling, ganti apabila memang sudah kotor atau waktunya diganti.
13.Periksa ban mobil sebaiknya sebelum mudik ban mobil di spooring dan di balancing.

Demikian Tips Dr. OTO, Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Pesan