Tips Dr. OTO: Jangan Anggap Remeh Banjir dan Genangan Air

0

Jangan Anggap Remeh Banjir dan Genangan Air


Sobat Oto Mania, sebagaimana kebiasaan kita sering melintasi jalan berair atau genangan air terutama saat musim hujan, namun tanpa kita sadari banyak resiko atau dampak dari genangan tersebut diantaranya karat, sistem rem terganggu dll. Akan lebih buruk bila daerah yang tergenang berada di pesisir pantai atau di daerah rawa karena umumnya air yang tergenang mengandung garam atau asam yang sangat beresiko memicu timbulnya karat pada mobil.


Resiko atau akibat dari seringnya kita melintasi daerah genangan air atau Banjir adalah :


1. Sistem Rem bisa terkunci atau cekat.

G enangan air atau banjir dapat menyebabkan karat pada sistem rem  terutama Brake Pad yang dapat melukai piston rem dan mengganggu kinerja seal rem, apabila tidak sering dibersihkan secara berkala maka suatu ketika rem dapat mengunci tidak bisa membuka saat pedal rem dilepas, hal ini terjadi tidak bersamaan tetapi salah satu roda saja, akibatnya steer akan lari dan sangat berbahaya.

Apabila hal ini terjadi usahakan untuk tenang  pinggirkan mobil di tempat aman, siram roda dengan air terutama system rem yang cekat ( system rem yang cekat akan menimbulkan panas tinggi jangan dipegang karena dapat melukai tangan) biarkan beberapa saat hingga suhu rem mendingin dan segera bawa kebengkel terdekat, minta agar sistem rem dibersihkan atau break overhaul. Apabila seal rusak ganti dengan yang baru, pastikan kanvas rem dalam kondisi baik dan kuras minyak rem setiap 20,000 km atau 1 (satu) tahun.(Saran Dr.OTO untuk selalu menggunakan STP Minyak Rem Dot 3 karena telah terbukti kualitasnya)

2. Bearing roda rusak karena karat.

Genangan air dapat menembus seal bearing roda ketika terendam dan akibatnya lama-kelamaan akan mengurangi efek lumas dari grease dan apabila dibiarkan bulatan metal dapat melukai rumah bearing akibatnya roda menginci atau rontok.

Apabila suara berdengung mengikuti kecepatan mobil, segera lakukan tes berikut ini dongkrak roda yang berdengung, pegang shockbreaker dan putar roda dengan tangan. Apabila bearing mulai rusak, akan terasa getaran pada shockbreaker, sedangkan bearing yang bagus tidak akan terasa getaran saat ban diputar.

Anjuran segera ganti bearing roda apabila gejala mulai timbul dan agar bearing roda awet gunakan grease berkualitas STP Synthetic Grease, grease andalan yang benar-benar mengandung Lithium Complex .

3. Clutch Release (Deklaher) kopling karat & rontok

Beberapa jenis mobil seperti Xenia, memiliki kopling yang mudah masuk air terutama apabila genangan air cukup tinggi, akibatnya Clutch Release (Deklaher) berkarat dan bulir metal pada bearing rontok dengan demikian kopling tidak berfungsi dan susah masuk gigi.

Gejala yang timbul  adalah kopling mulai kempos saat saat diinjak atau getaran terasa hingga dikabin saat kopling diinjak.

Anjuran apabila gejala mulai timbul adalah segera bawa kebengkel terdekat untuk perbaikan kopling.

4. Karat

Akibat genangan air, karat dapat timbul terutama pada sparkboard, chassis dan deck belakang.

Untuk menghindari karat Dr. OTO menyarankan menggunakan Penray Rubberised Undercoat spray saat musim penghujan mulai tiba, cukup semprotkan pada daerah yang rawan karat.

Nantikan TIPS menyiasati melewati genangan air agar meminimalkan dampak negative pada edisi berikutnya

Share.

About Author

Dokter OTO

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan