Optimalkan Performa Mobil Agar Mudik Berjalan Lancar

0

Jakarta – Lebaran sebentar lagi datang, dan sudah menjadi tradisi kita untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama sanak saudara. Mudik pun bisa ditempuh melalui berbagai cara, ada yang memakai transportasi umum ada juga yang menggunakan kendaraan pribadi. Nah khusus bagi Anda yang ingin mudik pakai mobil pribadi dan selagi masih ada waktu, sebaiknya mempersiapkan kondisi mobil agar kondisnya prima.

Tak dapat dipungkiri, mengkondisikan mobil pribadi tampil prima menjadi keharusan agar mudik berjalan aman dan nyaman dalam melintasi berbagai kondisi jalan, seperti di kemacetan, jalanan rusak atau lancar. Kita sebaiknya perlu mengetahui bagian mana yang harus dicek terlepas dari ingin memeriksanya sendiri atau membawanya ke bengkel :

 

  1. Cek kondisi mesin

Kondisi mesin yang masih standar dan tidak terdapat gejala kerusakan sebenarnya tidak membutuhkan perawatan ekstra, kita hanya cukup mengganti oli mesin. Namun bila dapat dianjurkan, sebaiknya lakukan flushing sebelum pergantian oli agar kerak kotoran mesin rontok dan komponen mesin bersih.

Caranya mudah, cukup tuangkan cairan flushing ke oli lama, panaskan mesin lalu kuras oli lama. Selanjutnya, ganti filter oli dan tuangkan oli baru dengan spesifikasi yang sesuai dengan rekomendasi buku manual mobil. Idealnya berikan oli yang dirancang khusus untuk iklim tropis agar mampu melindungi komponen mesin dari panas ekstrem namun tetap melumasi dengan sempurna. Pemberian oli berkualitas menghindari komponen mesin dari keausan, oksidasi dan pembentukan kerak kotoran.

  1. Bersihkan ruang pembakaran

Mengganti oli mesin terkadang tidak cukup untuk mendongkrak performa kendaraan. Nah agar performa mesin kembali bertenaga dan enteng saat diajak berakselerasi, kita bisa bersihkan ruang bakar mesin dari karbon yang menempel di komponen ruang bakar seperti pada injektor bensin, katup mesin dan kepala piston. Karena umumnya pembentukan karbon ini akibat bensin yang tidak terbakar sempurna sehingga kotoran karbon menghambat mobil untuk cepat berakselerasi hingga membuat boros bensin.

Cara mudah untuk membersihkan ruang bakar adalah dengan mencampurkan cairan pembersih ruang bakar ke tangki bensin. Cairan itu akan bercampur dengan bensin untuk kemudian pembersihan dilakukan otomatis saat mobil dijalankan.

  1. Cek radiator

Pengecekan kondisi mobil selanjutnya bisa ke bagian radiator. Periksa kondisi cairan radiator apakah terlihat kotor. Jika tidak kotor cukup tambahkan saja sesuai takaran yang dianjurkan yang tertera pada wadah cairan radiator. Jika ragu, lakukan pengurasan dan ganti dengan cairan radiator baru yang berkualitas dengan spesifikasi yang mampu meredam panas berlebih.

  1. Cek pengereman

Pengecekan kondisi rem mobil sangat penting dilakukan karena jika rem mobil rusak akan beresiko mobil tidak dapat dihentikan, dan ini tentu sangat membahayakan. Periksa apakah minyak rem terlihat bening atau tercemar kotoran dan periksa juga kanvas rem yang umumnya cepat habis karena pemakaian.

Untuk memastikan sistem rem berjalan normal sebaiknya ganti minyak rem dengan yang berkualitas dan sesuai spesifikasi DOT yang dianjurkan. Adapun ciri minyak rem berkualitas mempunyai titik didih tinggi, dapat bekerja normal walau di panas ekstrem serta mampu memberi perlindungan pada sistem rem terhadap oksidasi dan karat. Minyak rem berkualitas biasanya  bersifat netral atau dapat dicampur dengan minyak rem lain selama kualitasnya sama dan sesuai dengan kualifikasi DOT 3 atau DOT 4 yang dianjurkan.

 

  1. Cek kondisi ban dan lampu sinyal

Langkah selanjutnya bisa dengan memeriksa kondisi ban. Jika kurang tekanan angin segera isi angin sesuai rekomendasi di buku manual. Begitu pun sama pentingnya memeriksa kondisi lampu dan sinyal mobil karena komponen ini memiliki arti penting ketika di perjalanan. Periksa kondisi sistem kelistrikan, terutama sambungan kabel dan bohlam.

Nah setelah segala persiapan mobil sudah beres, kita tinggal mempersiapkan kondisi fisik untuk menempuh perjalanan jauh. Selamat mudik otolovers. [*/LC]

 

Info Produk 

STP sebagai merek dari USA yang produknya tersebar dilebih dari 200 negara di dunia sejak tahun 1954 dan selalu aktif mengikuti ajang balap NASCAR, kini STP hadir pula di Indonesia dengan pilihan produk berkualitas tinggi.

Menyambut musim mudik tahun ini, STP memperkenalkan varian produk untuk menjaga performa mobil disaat perjalanan mudik, seperti STP Synthetic Motor Oil yang melumasi dan melindungi mesin dengan sempurna, ideal untuk iklim tropis Indonesia. STP Complete Fuel System Cleaner mampu meningkatkan performa mobil agar lebih bertenaga dengan membersihkan sistem ruang bakar mesin.

STP Brake Fluid with ACTIVGARD Technology menunjang performa pengereman yang lebih pakem, awet dan aman. Minyak rem yang kompatibel dengan tipe sistem rem kendaraan Jepang dan Eropa dan bersifat netral atau dapat dicampur merek lain dengan kualifikasi DOT 3 atau DOT 4 & kualitas yang sama.

Walaupun berbeda merek dengan STP, Prestone Ready to Use Coolant tak kalah terkenalnya dalam menjaga komponen radiator agar senantiasa bekerja optimal dan melindungi mesin mobil dari panas berlebih dan AC mobil juga lebih dingin. Temukan pilihan produk STP dan Prestone ini di toko onderdil, toko variasi, bengkel service dan toko online.

Share.

About Author

Dokter OTO

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan