Mesin Bersih Total Kinerja Oli Maksimal

0

 

Jakarta – Bagi pemilik kendaraan pergantian oli adalah ritual rutin yang wajib dilakukan agar kinerja mesin berjalan normal dan terhindar dari kerusakan mesin. Fungsi oli ini sendiri sebagai pelumasan dalam mengurangi gesekan komponen mesin hingga mencegah terjadinya panas berlebih. Nah terkadang ketika melakukan pergantian oli, oli tidak keluar seluruhnya. Oli mengendap di sela-sela komponen dan bahkan timbul kerak karbon yang diakibatkan oleh terbakarnya oli itu sendiri dari kegagalannya mengatasi panas ekstrem. Kerak oli jika dibiarkan saja dapat mengganggu performa mesin, bahkan bisa membuat mesin rusak. Wuih ngeri!

Karena itu penting melakukan pergantian oli hingga tuntas. Ada beberapa cara untuk melakukannya misalnya dengan membiarkan oli lama menetes keluar semalaman atau ketika oli lama tinggal tetesan terakhir langsung tuangkan oli baru sekitar 1 liter dan biarkan menetes tuntas. Cara lain yaitu menembakkan angin kompresor ke dalam mesin tapi perlu diperhatikan pada kompresor tersebut terkadang terdapat air ketika disemprotkan dan air itu bisa mempengaruhi kinerja mesin.

Cara-cara tersebut bisa dibilang kurang efektif karena mesin tidak benar-benar bersih terutama dari lumpur dan kerak yang menempel pada komponen mesin. Nah, salah satu cara praktis dalam membersihkan ruang mesin sekaligus meluluhkan kerak membandel adalah dengan melakukan Engine Flush.

Apa itu Engine Flush? Yaitu sebagai cara membersihkan komponen mesin dari kerak yang menempel dan endapan oli dengan menggunakan cairan berformulasi khusus. Cairan yang umumnya berbentuk kemasan kaleng ini dapat membersihkan kerak mesin secara maksimal dengan meluluhkan atau melunturkan kerak oli, menjaga suara mesin tetap halus, menjaga daya tahan mesin karena terdapat aditif anti wear yang melindungi komponen mesin selama pembersihan, aman terhadap seal (paking) mesin, dan oli baru pun dapat bekerja maksimal sekaligus menjaga kerak muncul kembali.

Cara penggunaan cairan ini juga mudah. Lakukan dalam kondisi mobil terparkir, tuangkan Engine Flush ke dalam mesin yang masih panas dan campur dengan oli lama yang masih di dalam mesin. Hidupkan mesin dan injak gas hingga 2000 RPM selama 15 menit. Setelah itu matikan mesin lalu buka baut pembuangan oli dan biarkan oli lama keluar tuntas. Langkah berikutnya ganti filter oli baru. Setelah flushing penting untuk mengganti filter oli karena sebagian kotoran kerak masih berada di filter oil dan jika diacuhkan sirkulasi oli bisa tersumbat ataupun serpihan kerak bisa menjalar ke komponen mesin.

Nah dalam pemilihan oli mesin yang dipakai ini sebaiknya mengacu pada buku manual kendaraan ataupun tanyakan kepada mekanik atau bengkel langganan. Namun jika bisa memilih sendiri, apapun spesifikasinya, sebaiknya pilih tipe oli mesin yang cocok dipakai pada iklim tropis Indonesia karena oli jenis ini tahan terhadap perubahan suhu ekstrim.

Setelah ruang mesin kembali bersih dan oli mesin yang dipakai sudah sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan, kinerja oli mesin pastinya akan lebih maksimal dalam melumasi komponen mesin sehingga mesin tetap sehat dan performanya optimal.

 

STP Motor & Diesel Oil

STP sebagai brand ternama dari Amerika yang produknya telah dipasarkan dilebih dari 200 negara di dunia sejak tahun 1954 dan aktif dalam ajang balap NASCAR, hadir di Indonesia dengan produk-produk otomotif berkualitas seperti oli mesin STP SYN Full Synthetic Motor Oil, STP Synthetic Motor Oil, STP Synthetic Diesel Oil dan STP Motor Oil.

 

         

Pelumas mesin STP menghadirkan varian oli yang berbahan dasar sintetis penuh, semi sintetis dan mineral dan ditambah pula dengan berbagai zat aditif yang menjadikan oli mesin STP cocok untuk pemakaian di iklim tropis. Oli mesin STP memberikan daya lumas sempurna dengan kekentalan oli yang stabil walau di suhu ekstrem sekalipun, mencegah oksidasi, lumpur, tar, varnish serta mengurangi keausan komponen sehingga mesin menjadi lebih awet, tetap berperforma di segala kondisi.

Selain oli, STP juga mempunyai produk performa kendaraan yang salah satunya adalah STP Engine Flush yang mampu membersihkan endapan kotoran, lumpur oli, varnish dan kerak yang bersarang di sela-sela ruang mesin. Dengan penambahan zat aditif anti wear khusus, STP Engine Flush dapat mengurangi keausan mesin sekaligus mengoptimalkan daya lindung dan pelumasan dari oli baru. STP Engine Flush bisa diaplikasikan untuk mesin bertipe bensin maupun diesel. [*/LC]

Share.

About Author

Dokter OTO

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan