Kenali Warna, Teknologi & Formula Radiator Coolant

0

Suhu Mesin Terkendali, Bebas Korosi & Karat

Sebelum mengulas lebih detail tentang warna pada radiator coolant apakah Anda mengetahui kandungan yang terdapat pada cairan coolant, lalu apa yang membuatnya lebih “sakti” ketimbang menggunakan air biasa. Setidaknya terdapat komposisi air Demineralisasi, Ethylene Glycol dan Diethylene Glycol yang berfungsi menaikkan titik didih cairan coolant. Juga terdapat aditif rust inhibitor yang melindungi komponen sistem pendingin mesin mobil dari bahaya korosi dan karat, namun semua yang tersebut diatas tidak membawa ciri khas warna tertentu.

Lalu kenapa cairan coolant berwarna hijau, merah muda, dan biru? Apakah hal ini sebagai strategi pabrikan kendaraan (?). Untuk jenis warna hijau digunakan antara lain oleh kendaraan seperti Mazda, Suzuki, Wuling dan DFSK. Kemudian warna merah muda digunakan oleh Toyota dan Daihatsu. Diikuti oleh Honda, Mitsubishi, Nissan dan Datsun yang saat ini menggunakan cairan coolant berwarna biru.

Untuk strategi pemasaran sangatlah mungkin, namun banyak juga persepsi jika warna warna tersebut hanya sekedar estetika saja, padahal walaupun warnanya sama belum tentu kandungan formula dasarnya sama. Alhasil jika Anda ingin mengisi ulang coolant menggunakan produk aftermarket sebaiknya Anda mempertimbangkan bukan hanya sebatas warna yang selaras.

dokter-oto-artikel-radiator-coolant-prestone

Kenapa berbeda? Karena teknologi seperti Inorganic Acid Technology (IAT), Organic Acid Technology (OAT), Hybrid Organic Acid Technology (HOAT) dan juga Phosphated Organic Acid Technology (POAT) umumnya digunakan oleh produsen coolant pada produknya. Sehingga bisa disimpulkan bahwa meskipun warnanya sama teknologi yang digunakan bisa saja berbeda. Jadi pemilik kendaraan harus lebih bijak dalam memilih cairan coolant

Jika Anda sedang mencari produk coolant yang mumpuni untuk radiator mobil Anda, Prestone – Ready To Use Radiator Coolant  dengan teknologi OAT dan formula yang telah dipatenkan memberikan kompatibilitas dengan semua merek dan jenis cairan coolant, bahkan Anda bisa mencampurkannya dengan warna coolant yang berbeda.

Prestone – Ready To Use Radiator Coolant mampu mencegah terjadinya overheat dan juga tahan panas terutama di iklim tropis. Karena mengandung 33% (Ethylene Glycol-Diethylene Glycol), zat aditif Rust Inhibitor dan juga Anti Foam bukan sekedar air yang diberi warna.

artikel-dokter-oto-prestone-radiator-coolant

Prestone – Ready To Use Radiator Coolant mengandung aditif yang berfungsi melindungi bagian-bagian dalam sistem pendinginan mesin yang terbuat dari metal, tembaga dan alumunium agar tidak korosi dan berkarat, meningkatkan titik didih hingga 126°C (dengan pressure cap15lb). A/C mobil juga akan bekerja lebih efisien dan dingin.

Prestone – Ready To Use Radiator Coolant sudah memenuhi dan melebihi standar ASTM D1384, D2809 dan D4340. Hayo kapan terakhir Anda memeriksa radiator mobil Anda? sudah saatnya Anda beralih ke Prestone – Ready To Use Radiator Coolant untuk merawat sistem pendinginan mesin pada mobil Anda.



Share.

About Author

Dokter OTO

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan