SHARE

Otomania, kali ini Dr. OTO akan memberikan tips merawat dan memelihara Accu agar awet dan tahan lama, sebagaimana kita ketahui Accu ada 2 jenis yang umum dipasaran yaitu accu kering dan accu basah, bedanya hanya pada perawatan karena accu kering bebas perawatan, sedangkan accu basah perlu perawatan terutama menjaga level air accu.  
Accu umumnya memiliki umur pakai 3-4 tahun dan setelah itu elektroda yang terbuat dari timah akan terkorosi dan melemah secara perlahan.
Agar accu dapat bertahan sesuai umur pakai yang seharusnya maka dibutuhkan perawatan secara periodik diantaranya adalah :

1.    Biasakan memeriksa level air accu dipagi hari, sebelum mesin dihidupkan, tambahkan dengan air suling (warna tutup botol air accu BIRU) apabila air accu dibawah garis yang dianjurkan. Hati-hati saat menambah air accu, tuangkan secara perlahan jangan sampai berlebihan (garis bagian atas) dan hindari percikan air dari dalam accu saat menuang karena air accu yang berada didalam accu bersifat asam dan dapat melukai kulit, cuci  segera dengan air mengalir apabila terpercik.

2.    Perhatikan terminal accu, kencangkan apabila baut pada terminal accu longgar, bersihkan dengan STP AP-75 apabila berjamur (oksidasi) atau air yang dicampur baking soda dan semprotkan Penray Silicone Spray untuk menjaga terminal accu selalu bersih dan terhindar dari oksidasi.

3.    Periksa kabel yang melekat pada accu terjepit/terikat dengan erat karena hal ini dapat menyebabkan percikan api dan pengisian accu akan tidak maksimal.

4.    Sebelum mobil distarter, perhatikan indikator pada spedometer dan pastikan indikator bergambar accu/battery menyala dan mati saat mesin dihidupkan, untuk memastikan accu terisi saat mesin hidup.

5.    Gunakan indikator baik lampu, audio sistem dll. seperlunya untuk menghindari pemakaian beban accu berlebihan.

6.    Pastikan semua lampu dalam keadaan mati saat mesin dimatikan terutama lampu kabin dan lampu kecil yang sering lupa dimatikan.

7.    Jangan menambah atau menghubungkan kabel langsung pada accu tanpa melalui sekring.

8.    Pastikan kutup accu + (positif) dan – (negatif) terpasang dengan benar.

Demikian tips Dr. OTO semoga bermanfaat dan nantikan tips berikutnya.

SHARE
Previous articleTips Dr. OTO: Tips Setelah Mudik
Next articleCara Aman Menghadapi Pengendara Sepeda Motor
Dokter OTO
DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan