SHARE

SAAT MOBIL DIKENDARAI DI JALAN TOL :

  1. Pastikan Sabuk pengaman sudah terpasang dan pintu mobil dalam keadaan terkunci, Siapkan uang sebelum Anda masuk di jalan tol karena mempersiapkan uang saat akan membayar dapat mengganggu konsentrasi dan dapat berakibat fatal demikian pula setelah membayar uang tol jangan menghitung kembalian saat mobil berjalan hal itu dapat berakibat tabrakan.

  2. Berkendara dalam kecepatan konstan 80-90 km/jam selain lebih aman hal itu juga dapat membuat bahan bakar kendaraan Anda lebih irit.

  3. Kendarailah mobil Anda pada lajur tengah, gunakan lajur kanan hanya untuk mendahului.

  4. Jaga jarak aman dengan mobil didepan Anda ( jarak aman 50-100 meter tergantung kecepatan mobil Anda dengan mobil di depan )

  5. Nyalakan lampu hazard apabila kendaraan di belakang Anda terlalu dekat dengan mobil Anda dan matikan setelah kondisi aman.

  6. Jangan menyalakan lampu hazard saat hujan atau kabut karena hal ini menyulitkan pengendara lain dan berbahaya bagi Anda saat berbelok atau saat Anda berubah jalur, gunakan hazard hanya saat emergency.

  7. Jangan menyalakan lampu highdim saat dijalan tol karena dapat mengganggu ( temporary loss of vision) pengendara yang berlawanan arah dengan mobil Anda, nyalakan sewaktu-waktu untuk minta jalan atau saat ingin melihat penunjuk jalan.

  8. Saat akan mengganti jalur pastikan sen mobil Anda menyala minimal 3-5 detik untuk memberikan tanda mobil Anda akan mengganti jalur dan pastikan kondisi jalur yang Anda tuju aman.

  9. Jangan melakukan pengereman secara mendadak dijalan tol saat berkendara dalam kecepatan tinggi karena dapat menyebabkan roda mengunci dan kendaraan tidak dapat dikendalikan, rem secara bertahap dan kemudi dalam keadaan lurus, hindari membelok saat melakukan pengereman karena dapat menyebabkan mobil Anda terbalik.

  10. Apabila terjadi pecah ban dijalan tol jangan melakukan pengereman secara mendadak karena dapat menyebabkan mobil Anda tidak dapat dikendalikan bahkan dapat membuat mobil Anda terbalik. Lepas kaki anda dari pedal gas dengan posisi porseneling netral dan rem secara lembut hingga kendaraan berhenti di bahu jalan, nyalakan hazard, pasang segitiga pengaman dan lepas ban serep setelah itu baru Anda lepaskan ban yang pecah. (selalu waspada saat Anda mengganti ban)

  11. Hindari melindas marka jalan yang tidak putus, walaupun terlihat sepele tapi hal itu dapat membahayakan diri Anda dan orang lain.

Demikian kiat aman berkendara dijalan bebas hambatan, dan Dr. Oto mengucapkan selamat berkendara dan selamat sampai tujuan. Nantikan Tips Dr. Oto selanjutnya.

Tinggalkan Pesan