SHARE

Musim hujan telah tiba, perawatan ekstra untuk kendaraan kita, perlu dilakukan agar tetap prima tanpa gangguan, kali ini Dr. OTO akan memberikan beberapa tips berkaitan dengan perawatan mobil saat musim hujan diantaranya adalah :

MENCUCI MOBIL :

Mobil akan lebih sering dicuci saat musim hujan, namun perlu diperhatikan beberapa hal agar cat mobil tidak baret akibat lumpur atau pasir yang menempel.

Tipsnya adalah sbb :

  1. Semprot body mobil dengan air yang mengucur deras supaya pasir atau lumpur terlepas .
  2. Gunakan sponge dengan pori-pori besar yang bertekstur lembut (sediakan 2 sponge 1 untuk body dan 1 untuk bagian bawah termasuk ban)
  3. Gunakan shampoo mobil khusus yang memiliki PH Netral dan berbuih saran Dr. OTO gunakan produk Turtle Wax ICE Synthetic Car Wash selain berkonsentrasi tinggi, produk ini juga dapat menjaga cat agar tetap cemerlang dengan busa berlimpah.
  4. Keringkan dengan menggunakan Chamois dan kain microfiber.

ANTISIPASI TERJADINYA KARAT :

Perhatikan bagian bawah mobil termasuk spakbor dan kolong apakah ada indikasi karat, apabila ada indikasinya maka sebaiknya di bersihkan dengan cara diamplas atau dibersihkan dengan cairan penetrant seperti AP-75 atau Penray PR-3 setelah itu keringkan lalu semprotkan Penray undercoat yang dirancang untuk melindungi dari karat dan oksidasi.

Tipsnya adalah sbb :

  1. Cuci steam bagian kolong mobil
  2. Pastikan bagian yang berkarat sudah dibersihkan.
  3. Tutup ban dengan kertas koran agar cairan undercoat tidak mengenai ban.
  4. Semprotkan Penray Undercoat secara merata mulai dari spatbor dan bagian lain yang rentan berkarat, seperti lekukan plat pada panel bagian bawah mobil, lantai bagian bawah, panel pintu bagian dalam dll..
  5. Setelah penyemprotan sebaiknya didiamkan beberapa jam agar undercoat benar-benar kering.
  6. Setelah penyemprotan perhatikan kembali semua bagian yang telah disemprot dan pastikan bagian tersebut tertutup flintcoat dengan sempurna.

CAIRAN WIPER

Nah ini dia yang penting saat hujan karena cipratan lumpur dari kendaraan lain sering mampir dikaca depan dan hal ini menggangu penglihatan. 

Tipsnya adalah sbb :

  1. Bersihkan bagian dalam tabung wiper dari kotoran yang menempel untuk mencegah wiper buntu.
  2. Isi dengan air bersih dan akan lebih baik apabila dicampur cairan pembersih khusus untuk wiper seandainya tidak ada campurkan sabun pencuci piring agar lumpur atau pasir tidak sampai menggores kaca.
  3. Gunakan peniti atau jarum untuk mencungkil kotoran pada lubang wiper agar semprotan air lebih terarah dan maksimal.

Demikian tips Dr. OTO kali ini dan nantikan TIPS PERAWATAN MOBIL SAAT MUSIM HUJAN (PART II)

SHARE
Previous articleTips Mengganti Oli Sendiri
Next articlePerawatan Mobil Saat Musim Hujan (Part 2)
Dokter OTO
DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan