SHARE

Oto Mania, kadang kita kurang memperhatikan manfaat dan fungsi dari lampu yang ada di mobil, padahal lampu yang ada sangatlah penting bukan saja untuk penerangan dan sinyal saja.
Pada tips kali ini Dr. OTO akan memberikan informasi manfaat lampu tersebut :

Lampu Kabin  :
Selain berfungsi sebagai penerang, lampu kabin berfungsi sebagai indikator apabila salah satu pintu mobil tidak rapat.

Lampu Headlamp :
Berfungsi sebagai penerang jalan juga sebagai indikator isyarat yang ditujukan kepada pengendara lain sebagai pengganti klakson dengan cara menyalakan dim, penggunaan lampu dim secara terus menerus dapat membahayakan pengemudi lainnya karena silau dan mengganggu pandangan pengemudi yang berlawanan arah untuk itu bijaksanalah dalam penggunaan lampu dim, gunakan hanya pada saat jalan dalam keadaan gelap dan tidak ada pengendara yang berlawanan arah.
Sebaiknya tidak menggunakan lampu headlamp saat kemacetan karena mengganggu pandangan pengendara didepan kita yang terpantul dari lampu spion

Lampu Kabut :
Lampu kabut yang umumnya berada dibumper depan memiliki fungsi sebagai penerang jalan ketika hujan atau kabut, namun berfungsi pula sebagai pengganti lampu headlamp saat macet atau sebagai penerang tambahan pada saat kondisi gelap untuk membantu pengawasan terhadap kondisi jalan.
Gunakan hanya pada saat kita membutuhkan, penggunaan lampu headlamp dan lampu kabut secara bersamaan dapat memboroskan bbm karena RPM mesin akan naik, gunakanlah lampu kabut secara bijak dan sesuai fungsinya.
Lampu Sain / Sign :
Lampu sain / sign (Kuning) adalah lampu penunjuk arah yang berfungsi memberitahu pengendara lain bahwa kita, akan berbelok kekiri atau kekanan.
Tekanlah tombol hazzard untuk menyalakan lampu sain secara bersama-sama yang berfungsi sebagai emergency lamp saat mobil berhenti atau saat mobil mengarah lurus di perempatan atau saat kita akan parkir di mall atau tempat2 perbelanjaan.
Selain itu lampu hazzard juga berfungsi sebagai indikator waspada saat mobil didepan kita melakukan pengereman mendadak atau pengendara dibelakang kita terlalu dekat dengan mobil kita.
Lampu Hazzard tidak boleh digunakan saat hujan atau kabut atau saat iring-iringan karena berbahaya dimana pengendara lain tidak dapat mendeteksi saat Anda ingin berpindah jalur.

Lampu Mundur :
Lampu mundur (Putih) berfungsi sebagai penerang saat mudur pada malam hari namun juga berfungsi sebagai indikator waspada bahwa mobil sedang jalan mundur sehingga pengendara / orang lain dibelakang kita mewaspadainya.

Lampu STOP :
Lampu stop atau lampu rem berwarna merah, merupakan indikator waspada bagi pengendara lain di belakang kita agar melakukan pengereman saat lampu rem menyala.

Lampu Malam :
Lampu malam Berwarna merah merupakan bagian dari lampu stop yang terhubung dengan lampu headlamp, apabila lampu headlamp dimatikan maka lampu malam akan mati demikian pula sebaliknya, fungsi dan manfaatnya sebagai indikator bagi pengendara lain yang berada di belakang Anda mengetahui posisi mobil Anda terutama saat kondisi jalan gelap.

Demikian Tips Dr OTO, semoga bermanfaat dan nantikan tips Dr. OTO pada edisi berikutnya.

SHARE
Previous articleTips Dr. OTO: Mendahului Kendaraan Didepan
Next articleTips Dr. OTO: Tips Setelah Mudik
Dokter OTO
DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan