SHARE

KIAT AMAN BERKENDARA DI JALAN TOL


Jalan tol

Ketika kita berkendara dijalan bebas hambatan (Tol) tanpa sadar kita melaju dengan kecepatan tinggi, tapi pernahkah kita sadari ada hal-hal yang perlu diperhatikan demi keselamatan kita di jalan bebas hambatan (Tol) tersebut , Dr. OTO mencoba memberikan beberapa kiat agar berkendara di jalan tol aman dan nyaman.

SEBELUM MOBIL DIKENDARAI :

  1. Periksa tekanan angin, pada ban secara berkala hal ini mencegah pecah ban saat melaju di jalan bebas hambatan (tol) karena putaran dan gesekan ban dengan jalan menyebabkan panas yang dapat menyebabkan pecah ban, paling baik gunakan gas nitrogen. (Sifat gas nitrogen lebih stabil saat suhu panas dan tidak mudah bocor)kaca spion
  2. Sebelum mengemudi pastikan spion kanan kiri dan tengah telah diatur sesuai kondisi visual pengemudi dan aturlah body mobil terlihat seminimal mungkin (maksimal ¼ bagian dari spion) untuk menghindari blind spot.
  3. Pastikan semua lampu indicator pada panel menyala sebelum mobil distart dan pastikan semua mati setelah mobil dihidupkan, apabila saat mobil dihidupkan ada lampu indicator yang masih menyala berarti ada system yang tidak beres pada mobil anda.
  4. Pastikan semua lampu menyala (periksa secara berkala seminggu sekali) terutama lampu rem dan lampu sen karena kedua lampu ini sangat berguna selama mobil dikendarai untuk pengamanan dan cendrung lebih cepat putus .
  5. Pastikan kunci ban, dongkrak dan segitiga pengaman selalu tersedia di mobil anda.
  6. Pastikan ban serep dalam kondisi siap pakai..(isi angin ban serep dengan tekanan 2 bar lebih tinggi )

Demikian Tips Dr. Oto untuk minggu ini, nantikan Tips Dr. Oto selanjutnya ” Saat berkendara di jalan tol”.


Tinggalkan Pesan