SHARE

Jangan Anggap Remeh Banjir dan Genangan Air

Setelah kita mengetahui dampak negative menerobos genangan air dan banjir, maka kali ini Dr. OTO akan membantu menyiasatinya.

Oto mania sedapat mungkin menghindari genangan air tapi apabila memang tidak terhindarkan lagi maka beberapa tips dibawah ini mungkin dapat membantu.

  1. Saat melalui genangan usahakan berjalan di sebelah kanan jalan karena umumnya jalan disebelah kanan lebih tinggi dan perhatikanlah permukaan jalan agar dapat menghindari dan mengantisipasi apabila ada lubang atau permukaan yang tidak rata .
  2. Jaga jarak yang cukup jauh dari mobil didepan agar akselerasi stabil saat melewati genangan, terutama melewati genangan yang cukup tinggi hingga knalpot terendam.
  3. Selalu gunakan gigi rendah dan jalan perlahan, hindari penggunaan kopling ½ karena dapat mengakibatkan kampas kopling slip dan hangus.
  4. Setelah meliwati genangan jangan langsung tancap gas, berjalanlah seperti biasa selama beberapa saat agar air mengucur keluar dari part yang terendam .
  5. Setelah meliwati genangan air, lakukan pengereman bertahap agar system rem kering (hindari kecepatan tinggi setelah meliwati genangan air karena berbahaya) system rem yang basah menjadikan pengereman tidak pakem dan kurang stabil.
  6. Matikan semua system electronic seperti TV, Radio, GPS dll. Saat melewati daerah genangan air atau banjir, selain dapat mengganggu konsentrasi dikuatirkan dapat terjadi korsleting kelistrikan mobil.
  7. Apabila mesin mati ditengah banjir dan batas air cukup tinggi sebaiknya untuk tidak mencoba menghidupkan kembali selain dapat merusak komponen kelistrikan, hal tersebut juga akan sia-sia karena mesin tidak dapat dihidupkan apabila knalpot sudah terendam. Sebaiknya dorong mobil kedaerah yang kering dan diamkan beberapa saat agar kondisi kelistrikan agak kering.

Setelah Anda meliwati genangan air ada baiknya lakukan pencucian mobil dibengkel yang memiliki system pencucian menggunakan hydrolik dan steam, minta kepada petugas cuci untuk menyemprot daerah roda terutama brake pad agar bersih dari lumpur dan kotoran.

Demikian Tips Dr. OTO semoga bermanfaat.

Tinggalkan Pesan