TIPS DR OTO : CARA MEMBERSIHKAN RADIATOR MOBIL

3

Otomania,  system pendingin mesin yang lebih dikenal radiator membutuhkan perawatan secara berkala agar dapat memberikan kontribusi maksimal pada kinerja mesin. Kali ini DR OTO akan memberikan Tips cara menguras radiator :

Persiapan :

  1. Siapkan air kran dan selang yang bersih diujung selang ditutup kain kassa untuk menyaring kotoran tidak masuk dalam radiator.
  2. Siapkan produk pembersih saran DR OTO gunakan Prestone Radiator Flush 1 botol.
  3. Siapkan cairan pendingin radiator saran DR OTO gunakan hanya produk Prestone Ready to Use Coolant dengan kemasan kuning siap pakai (mengandung 30% EG)
  4. Siapkan tutup pembuangan radiator terletak bagian bawah terbuat dari plastic untuk jaga2 apabila tutup sudah getas atau patah saat dibuka.
  5. Pastikan radiator dalam keadaan dingin, jangan menguras radiator ketika mesin dalam keadaan panas karena sangat berbahaya.

Cara membersihkan atau menguras radiator.

  1. Buka tutup pembuangan radiator ada di bagian bawah radiator  biasanya berwarna putih atau hitam terbuat  dari plastic.
  2. Setelah terbuka dan air mulai mengalir keluar buka tutup bagian atas.
  3. Setelah air keluar semua tutup kembali lubang pembuangan radiator.
  4. Masukan 1 botol Prestone Radiator Flush dalam radiator kemudian isi dengan air keran hingga penuh dan tutup radiator.
  5. Hidupkan mesin  hingga thermostart terdengar membuka dan biarkan sekitar 10 menit kemudian matikan mesin, setelah itu buka tutup radiator secara berlahan dengan menggunaka lapisan kain tebal, buka dengan hati-hati agar air panas tidak mengenai tangan.
  6. Setelah air dalam radiator tidak terlalu panas buka lubang pembuangan radiator hingga air terkuras semua, tutup kembali dan isi dengan air keran hingga penuh kemudian tutup kembali, lakukan seperti pada point 5.
  7. Setelah itu kucurkan air keran dalam radiator sambil menyalakan mesin dan lubang pembuangan tetap dibuka agar air bersih bersirkulasi dan sisa ditergent ikut terkuras  hingga bersih.
  8. Setelah semua air terbuang dalam radiator tutup lubang pembuangan.
  9. Tuangkan Prestone Radiator coolant dalam radiator hingga penuh,  tutup radiator dan hidupkan mesin sekitar 10 menit dan matikan mesin.
  10. Buka tutup radiator dan isi kembali Prestone Radiator coolant apabila cairan dalam radiator berkurang selanjutnya tutup radiator.
  11. Bersihkan tabung cadangan air radiator dan isi dengan cairan Prestone Radiator Coolant.

Demikian tips cara menguras dan membersihkan radiator semoga bermanfaat untuk lebih jelas mengenai manfaat cairan radiator dapat membuka web : www.coolant.id

Share.

About Author

Dokter OTO

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

3 Comments

    • Dokter OTO

      Selamat siang bro harto, untuk mobil bekas, bro harto lihat dulu keadaannya, dan ada baiknya pak harto mengetahui jenis fluid apa yang dipakai sebelumnya, kalau misal sebelumnya hanya memakai air saja, ada kemungkinan radiator mobil bekas, bro harto ada karatnya, dan karat disini kadang atau ada kemungkinan kalau langsung dipakaikan prestone ada kemungkinan karat tadi akan dihilangkan oleh prestone, karena karatnya tadi sudah terlalu banyak mengikis besi radiator, nah disini masalahnya bisa saja bocor, tapi ini kemungkinan kecil, yang jelas bro harto jangan takut memakai prestone, perlu diingat saja, untuk mobil bekas tidak disarankan radiator flush.

  1. Mau tanya, mobil saya mobil tua tahun 97. Sebelumnya radiator cuma pake air mineral saja. Kemarin saya coba tak bersihin pake radiator flush, tp kok air yg keluar dari radiator setelah diflus gak begitu keruh. Karena kurang mantep tak bersihin lagi pake detergen bubuk (saran dari temen). prosesnya sama seperti pakai radiator flush. Cuma tak diemin selama 2 hari. Setelah itu tak kuras sampai bersih, sampai gak ada busanya. Setelah itu tak kasih coolant. Setelah beberapa hari tak cek radiator pas buka tutupnya kok kecium bau detergen ya, setelah hidung saya tak deketin lubang radiator emang bau detergen air radiatornya, tapi tidak bebusa. Yg saya tanyakan kondisi seperti itu kalau dibiarkan bahaya apa tidak? Mau kuras lagi sayang coolantnya mahal… Tolong beri saya pencerahan pak….

Tinggalkan Pesan