SHARE

Otomania, kadang jengkel, marah dan kesel dengan pengendara motor yang kurang memperhatikan keselamatan dirinya dan orang lain, membelok secara tiba-tiba bahkan kadang suka memotong jalur secara tiba-tiba. Menghadapi ini diperlukan kesabaran dan jangan terbawa emosi, mengingat bagaimanapun pengendara mobil akan selalu disalahkan dalam tiap kejadian kecelakaan akibat keteledoran pengendara motor.
Dr. OTO akan memberikan beberapa tips agar selalu waspada agar terhindar dari kecelakaan dengan sepeda motor :

Kondisi Jalan Padat :

1. Pengendara Sepeda motor umumnya akan menyerobot setiap ada ruang dan kadang suka memaksa masuk, sehingga menyebabkan tuas rem tangan atau tuas stang membaret body mobil, Tipsnya adalah usahakan hanya memberi 1 ruang gerak saja baik di sisi kanan atau kiri sehingga mudah di pantau, selain itu beri jarak kurang lebih 1 meter dari mobil didepan kita agar sepeda motor tidak menggores bumper karena umumnya mereka akan memotong didepan kita untuk mencari jalan.
2. Hati-hati ketika maju terkadang secara tiba-tiba pengendara sepeda motor akan memotong jalur Anda, untuk itu biarkan mobil didepan Anda maju terlebih dahulu beberapa saat baru kita maju berlahan.

3. Jangan berhenti secara tiba-tiba karena Anda tidak ingin memberi ruang atau jarak dengan mobil didepan, hal ini dapat mengakibatkan sepeda motor dibelakang mobil Anda menabrak bumper atau membaret salah satu sisi belakang mobil dikarenakan sepeda motor kesulitan berhenti tiba-tiba.
4. Bunyikan klakson apabila ada indikasi sepeda motor disamping atau didepan Anda akan memotong jalur atau memaksa masuk saat jarak didepan sempit.

Kondisi Jalan Lancar :

1. Apabila sepeda motor didepan Anda membunyikan klakson supaya pengendara tahu ada mobil dibelakang mereka.
2. Jangan mendahului Sepeda motor apabila didepan Anda ada tikungan atau perempatan.
3. Jangan mempercepat laju kendaraan Anda diperempatan terutama yang terdapat lampu lalu-lintas, karena umumnya pengendara sepeda motor akan tancap gas ketika posisi lampu kuning akan merah atau lampu akan hijau.
4. Hati-hati apabila berbelok kekiri karena umumnya pengendara sepeda motor mendahului dari sisi kiri dan memotong kekanan atau sebaliknya, sebaiknya jangan nyalakan lampu sein mendadak.
5. Apabila akan berbelok kekanan usahakan berlahan-lahan keposisi tengah kemudian baru berbelok kekanan.
6. Membiasakan berhenti berlahan baik ketika berada di jalan padat atau saat di perempatan lampu lalu lintas akan mengurangi resiko mobil Anda ditabrak sepeda motor.

Demikian Tips Dr. OTO dan nantikan tips berikutnya.

SHARE
Previous articleTips Dr. OTO : Tips Merawat Accu (Aki)
Next articleTips Mengganti Cairan Coolant
Dokter OTO
DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan