SHARE

Tips Mengatasi Power Window Macet


Berikut ini cara memeriksa dan mengatasi power window di kendaraan kesayangan Anda :

Mobil yang sudah dilengkapi power window sebaiknya rutin memeriksa kaca jendela pintu kanan. Tekan tombol power window. Kemungkinan besar, kaca jendelanya masih normal-normal saja. Sekali tekan, kaca turun atau naik dengan lancar. Tapi, coba lakukan hal yang sama pada kaca jendela bagian belakang sebelah kiri maupun kanan. Jangan-jangan, salah satu atau kedua kaca jendela pintu tersebut tidak dapat turun naik selancar kaca jendela kanan depan.

Terasa agak tersendat-sendat. Bahkan macet sama sekali. Begitulah keluhan mengenai power window yang disampaikan para pengendara pada umumnya.
Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa mobil disaat ini telah dilengkapi dengan teknologi pelindung yang sangat berguna untuk anak-anak (Anti-Pinch Safety System). Kaca tersebut tidak akan menutup atau akan kembali turun jika terhalang obyek seperti tangan. Kasus macetnya power window sering terjadi dengan Honda City/ Jazz karena seretnya rel kaca (karet kaca).

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyemprotkan silicone spray (cairan pelumas) di jalur kaca (bagian kiri dan kanan dari rel kaca). 

Janganlah memakai penetrant karena cairan silicone spray lebih netral daripada penetrant yang justru bisa mengundang debu menempel kembali. Jika tetap tidak bisa, rel kaca bisa direnggangkan agar karet tidak terlalu erat menjepit kaca pintu. 

Namun langkah ini memiliki konsekuensi longgarnya kaca pintu yang menyebabkan bunyi saat terkena getaran.

Untuk itu Anda dapat mengunakan Penray Silicone Spray dalam mengatasi Power window yang macet atau “seret”.

Salam dan selamat mencoba !

Tinggalkan Pesan