Tips Dr. OTO: Tips Mengendarai Mobil Saat Hujan

0

TIPS

MENGENDARAI MOBIL SAAT HUJAN

Oto mania, musim hujan telah tiba dan perlu diwaspadai karena dapat mengganggu kita dalam mengendarai mobil terutama di jalan tol atau jalan bebas hambatan. Beberapa tips mengendarai mobil dikala hujan adalah sbb :

 1. Cek kondisi kendaraan :

  • Kondisi Rem :

Rem memegang peranan penting dalam melakukan perjalanan disaat hujan sehingga perlu diperhatikan terutama kondisi kampas rem baik depan maupun belakang, kepakeman rem dan kondisi cairan minyak rem, saran Dr.OTO gantilah cairan rem setiap 20,000 km apabila musim hujan atau sering melewati daerah genangan air disarankan mengganti cairan rem lebih cepat mengingat cairan rem bersifat hydroscopis (menyerap kelembaban), gunakan cairan rem yang sudah terbukti kualitasnya seperti STP Minyak Rem DOT 3 yang telah mendapatkan sertifikat FMFSS dan SNI.Saat mengemudi di genangan air atau saat hujan hendaknya rem sering diinjak agar sisa air pada kampas rem keluar dengan demikian kinerja rem lebih optimal.

  • Periksa semua lampu terutama lampu rem dan sen, hal ini sangat penting untuk memberi sinyal kepada pengendara lain terhadap pergerakan kendaraan kita.
  • Kondisi karet wiper perlu diperhatikan. Ganti apabila telah mengering atau sudah tidak maksimal menyapu air pada kaca mobil, karena karet wiper yang kondisinya jelek dapat membahayakan pengemudi. Air pada kaca tidak dibersihkan secara maksimal sehingga mengganggu pandangan.
  • Kondisi karet pintu dan drain plug body perlu dicek agar air hujan atau genangan tidak masuk dalam kabin yang dapat menyebabkan lembab dan jamur.
  • Kondisi ban dan tekanan ban harus diperhatikan terutama kembang ban masih terlihat jelas karena ban yang gundul dapat menyebabkan ban menjadi slip atau tergelincir saat melalui jalan beraspal yang licin demikian juga tekanan ban perlu tetap dijaga.
  • Kondisi air wiper dalam tabung juga perlu diperhatikan. Gunakan produk campuran/ cairan air wiper atau sabun pencuci piring agar debu atau pasir yang melekat dikaca dapat disapu dengan baik tanpa menggores kaca.
  • Jangan lupa membawa kelengkapan keamanan seperti segi tiga pengaman, kunci-kunci dan lap plas chamois untuk mengelap embun yang sering timbul pada kaca saat mengemudi dikala hujan.

2. Mengendarai dengan tenang dan aman dengan memperhatikan kendaraan lain disekitar kita.

  • Perhatikan jarak kendaraan didepan jangan terlalu dekat karena rem kemungkinan tidak bekerja secara maksimal disebabkan system rem terkena air, terutama dijalan tol atau jalan bebas hambatan kita harus berada pada jarak aman, jangan mengendarai secara agresif karena dapat membahayakan diri kita dan orang lain. Selalu waspada terhadap pengendara lain yang berada disamping kita dan jangan berpindah jalur secara tiba-tiba. Perlu diperhatikan apabila kendaraan lain disamping kita menabrak genangan, cipratan air genangan dapat menyebabkan blankspot beberapa saat karena kaca depan tersiram air genangan, hal ini sangat berbahaya.
  • Jaga kecepatan karena kondisi jalan yang basah dapat menyebabkan ban mudah tergelincir dan rem bekerja tidak maksimal.
  • Perhatikan genangan air terutama dijalan tol, segera perlambat laju kendaraan apabila kita terpaksa harus melalui genangan karena kecepatan yang tinggi  menyebabkan hydroplaning – setir akan bergeser (lari) secara tiba-tiba yang dapat menyebabkan mobil tergelincir.
  • Saat hujan dijalan tol sebaiknya kita mengemudi di jalur dua untuk menghindari genangan air dan selalu menjaga jarak dan pandangan dengan kendaraan didepan kita.
  • Hindari pengereman mendadak karena dapat menyebabkan mobil tergelincir atau slip dan dapat menyebabkan pengendara dibelakang anda tidak dapat mengantisipasi pengereman yang anda lakukan sehingga menyebabkan tabrak belakang.

3. Isyarat Lampu.

  • Hindari menggunakan lampu hazard saat mengemudi dalam kondisi hujan karena pengendara lain tidak dapat mengetahui bila Anda mao berganti jalur, hal ini sangat berbahaya.

  • Saat Anda berganti arah, gunakan lampu sen beberapa detik untuk memberi waktu pengemudi di belakang Anda mengetahui maksud Anda karena pandangan disaat hujan kurang begitu jelas.

  • Gunakan lampu hazard apabila Anda melihat pengemudi dibelakang Anda terlalu dekat atau tidak berada pada jarak aman. Demikian pula apabila pengendara didepan Anda melakukan pengereman mendadak. Matikan lampu hazard setelahnya.

Demikian tips Dr.OTO kali ini semoga bermanfaat dan nantikan tips Dr. OTO berikutnya.

Share.

About Author

Dokter OTO

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan