SHARE
prestone-coolant
pastikan suhu mesin senantiasa berada pada suhu yang ideal, apalagi ketika digunakan dengan kondisi lalu lintas yang padat, macet dan cuaca yang panas.

Agar mobil tetap nyaman dan aman, pastikan suhu mesin senantiasa berada pada suhu yang ideal, apalagi ketika digunakan dengan kondisi lalu lintas yang padat, macet dan cuaca yang panas. Dengan suhu mesin yang ideal performa kendaraan tetap terjaga berkendara pun menjadi lebih nyaman. Setiap kendaraan memiliki suhu kerja ideal mesin yang berbeda, tetapi rata-rata temperatur ideal kerja mesin berada pada range 90 – 95°C.

Mesin mobil yang menggunakan sistem pendingin cairan coolant menggunakan thermostat sebagai pengatur suhu. Thermostat berfungsi sebagai keran yang mengatur aliran  coolant dari mesin ke radiator. Pada saat mesin masih dingin, thermostat menutup sehingga coolant sengaja tidak disirkulasikan ke radiator, membuat suhu kerja ideal cepat tercapai. 

prestone-coolant
Thermostat berfungsi sebagai keran yang mengatur aliran  coolant dari mesin ke radiator

Saat suhu kerja mesin tercapai, maka thermostat akan terbuka sehingga cairan coolant mulai dialirkan ke radiator untuk didinginkan, selanjutnya cairan coolant dari radiator yang telah dingin disalurkan oleh water pump kembali ke dalam mesin melalui engine jacket. Katup dari thermostat akan terus membuka selama mesin panas, dan menutup kembali saat suhu mesin berubah menjadi dingin dan begitu seterusnya.

Lalu mengapa suhu kerja mesin harus ideal? Mesin mobil akan bekerja secara optimal pada suhu yang cukup tinggi, tetapi bila panasnya berlebihan akan membuat kegagalan mesin yang bisa berdampak pada kerusakan komponen mesin.

Sebaliknya jika mesin bekerja pada suhu yang terlalu rendah, komponen mesin akan cepat mengalami kerusakan, campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar terbakar lebih awal sehingga terjadi knocking dan boros bahan bakar. Oleh karena itu, pada suhu kerja mesin yang ideal komponen komponen mesin akan bekerja dengan baik yang berujung pada penghematan bahan bakar. 

Peran thermostat sangatlah penting dalam menjaga suhu kerja mesin agar ideal, sehingga thermostat beserta komponen  lainnya seperti water pump dan radiator perlu terawat dan dapat bekerja secara optimal. Peran cairan coolant sangatlah penting dalam hal ini  oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk mengisi radiator mobil dengan air sembarangan. Bahkan air mineral dalam kemasan pun tidak dianjurkan untuk dituangkan ke dalam radiator, ini disebabkan air biasa tersebut akan bereaksi dengan bahan logam di sistem radiator, dan lambat laun akan mengakibatkan pengikisan pada dinding radiator dan komponen logam lainya sehingga terjadi kebocoran.

dr-oto
beragam warna cairan coolant

Reaksi tersebut ditambah suhu panas juga dapat menyebabkan kerak, sedimen dan zat kapur yang dapat mengganggu fungsi thermostat. Penggunaan cairan coolant yang tepat dapat menjaga serta merawat komponen-komponen logam sistem pendingin dari korosi, karat dan proses kimia lainnya. 
Pada cairan coolant setidaknya terdapat komposisi air demineralisasi, ethylene glycol dan diethylene glycol, yang berfungsi menaikkan titik didih cairan tersebut. Selain itu, terdapat aditif rust inhibitor yang melindungi komponen sistem pendingin mesin dari bahaya korosi dan karat. 

prestone-coolant
jaga suhu ideal supaya berkendara lebih nyaman

Prestone – Ready To Use Radiator Coolant dapat membantu mencegah terjadinya overheat, dan juga menjaga suhu kerja mesin ideal. Hal ini karena Prestone – Ready To Use Radiator Coolant  mengandung 33 persen ethylene glycol-diethylene glycol, zat aditif rust inhibitor, dan anti-foam, tidak sekadar air yang diberikan warna.  Cairan ini mengandung aditif yang berfungsi melindungi komponen sistem pendinginan mesin yang terbuat dari metal, tembaga, dan aluminium sehingga tidak mudah korosi dan berkarat. Formula unik nya memberikan kompatibilitas dengan semua merek dan jenis coolant. memungkinkan untuk dicampur dengan coolant dengan warna berbeda.

Dengan Prestone – Ready To Use Radiator Coolant, kekhawatiran akan panas berlebih pada mesin (overheating) saat berada di tengah kemacetan pun dapat dihindari. Yang tak kalah penting, A/C mobil akan bekerja lebih efisien mendinginkan ruang kabin selama berkendara, meningkatkan kenyamanan dan meningkatkan penghematan bahan bakar.

prestone-coolant

Tinggalkan Pesan