Pengecatan Oke, Tampilan Motor Makin Kece

0

Jakarta – Terkadang kita merasa bosan dengan tampilan sepeda motor yang itu-itu saja dan ingin merubah tampilannya agar terlihat baru dengan cara mengecatnya. Membawa motor ke bengkel cat bisa jadi pilihan tapi tentu butuh uang yang tidak sedikit. Satu cara lain dengan mengecat sendiri pakai cat semprot kaleng yang jauh lebih murah dan praktis. Namun demikian, sebaiknya ketahui cara pengecatan yang baik agar hasil pengecatan sempurna.

Walau terkesan merepotkan dalam mengecat motor sendiri, tapi selama mengikuti cara pengecatan yang baik dan benar, hasil pengecatan akan lebih memuaskan. Langkah pengecatan berikut ini selain untuk bodi motor bisa juga diterapkan pada kayu, furnitur, vinyl, metal, plastik, dan lain sebagainya.

Haluskan permukaan                                                                                            

Bodi motor yang akan dicat dibersihkan terlebih dahulu dari debu dan kotoran untuk kemudian dilakukan pengamplasan secara merata pada permukaan bodi dengan dibasahkan sedikit air pada amplas. Jika terdapat goresan parah, bisa mendempulnya terlebih dahulu. Sebaiknya gunakan amplas halus sekitar nomor 400 (semakin tinggi ukuran amplas semakin halus amplasnya, begitupun sebaliknya) agar cat bisa menempel baik. Setelah proses ini selesai, cuci bersih bodi motor.

Lapisi cat dasar

Salah satu langkah penting dalam proses pengecatan adalah memberikan cat dasar / primer / undercoat. Pengaplikasian cat dasar ini berfungsi untuk membuat cat warna melekat lebih kuat, tahan lama serta dapat menonjolkan cat warna. Cat dasar ada bermacam warna namun disarankan memakai cat dasar yang saling mendukung dengan cat warna. Misalnya untuk cat merah gunakan cat dasar putih, sedangkan warna-warna metalik gunakan cat dasar silver.

Setelah bodi motor halus dan bersih, lakukan penyemprotan cat dasar dengan jarak sekitar 30cm. Langkah penyemprotan jangan diam di satu titik tapi berikan gerakan perlahan dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Berikan semprotan tipis lalu keringkan, dan ulangi semprotan hingga beberapa lapis. Setelah itu biarkan cat dasar mengering.

Semprotkan cat warna

Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan cat warna. Setelah cat dasar kering, lakukan penyemprotan cat warna dengan teknik yang sama seperti cat dasar hingga ketebalan dan warna cat sesuai yang diinginkan. Setelah selesai biarkan cat mengering. Selanjutnya bisa dilakukan penyemprotan cat vernis untuk hasilkan kilau cat maksimal dan perlindungan cat dari kontaminasi udara dan cuaca.

 

Cat Semprot Premium AutoGard

AutoGard yang sudah ada sejak 2012 merupakan cat semprot impor premium yang diolah dengan teknologi tinggi dari bahan dasar pigmen warna yang super halus untuk menghasilkan warna yang natural dan cemerlang, cepat kering dan tahan bensin. Dengan penggunaan nozzle yang berkualitas semprotan cat menjadi lebih halus, merata, tidak menggumpal, dan penyemprotan pun mudah dikontrol.

AutoGard hadir dengan harga terjangkau dalam kemasan isi bersih 300ml plus tambahan 100ml. Terdapat 40 pilihan warna cat termasuk cat tahan panas (Hi-Temp) untuk penggunaan di knalpot, mesin, dan media penghantar panas lainnya. AutoGard juga dapat diaplikasikan pada semua media seperti bodi mobil, furniture, kayu, vinyl, metal, dan plastik. [*/LC]

Share.

About Author

Dokter OTO

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan