Musim Hujan datang, waspada kanker besi meradang!

0

Jakarta – Musim hujan telah tiba. Sudah saatnya kita mewaspadai penyakit kanker besi yang bisa merongrong mobil saat musim hujan melanda. Kanker besi adalah istilah di dunia otomotif yang mengacu kepada karat atau korosi pada komponen logam mobil. Gejala awal karat biasanya berupa titik kuning pada besi tapi jika dibiarkan titik kuning tersebut akan membesar dan membuat keropos. Apabila sudah begini untuk mengembalikan kondisi mobil mulus dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Lalu kenapa hanya di musim penghujan harus mewaspadai penyakit ini? Sebenarnya gejala karat bisa muncul kapan saja namun mobil akan lebih rentan korosi pada musim hujan karena akan sering terkena air hujan yang bersifat asam. Air hujan yang terkena besi akan mempercepat proses korosi. Bahayanya, mobil yang tidak segera dibilas/cuci atau diberikan pelindungan, karat sekecil apapun akan cepat meluas. Wuih ngeri!

Ya mungkin kita bisa meyakinkan diri bahwa pabrikan mobil sudah melengkapi mobil dengan cat anti-karat dan merasa aman mobil terbebas dari karat. Tapi tak bisa dipungkiri karat bisa muncul setiap saat karena mobil yang kita pakai melewati segala macam medan jalan seperti di trek basah, terkena hujan maupun banjir berlumpur, jalanan kasar berlubang, lewat polisi tidur, diterpa panas ekstrim, berkendara di daerah pantai yang berkadar garam tinggi.

Berbagai faktor pemakaian inilah menjadi kontributor karat pada mobil. Walau demikian kita bisa mengantisipasi agar karat tidak lekas bersarang, berikut caranya:

Langkah awal pencegahan karat adalah segera mencuci mobil setelah terguyur air hujan. Cuci mobil lalu keringkan. Lalu jika bodi mobil terdapat luka penyok atau gores, segera tutup dengan cat khusus. Berikan aksesoris tambahan untuk menahan karat seperti pasang karpet dasar pada kabin mobil yang biasanya berbahan kulit sintetis (seperti plastik) serta tambahkan karpet karet.

Pemasangan karpet ini mencegah air merembas ke dasar dek mobil saat pengemudi atau penumpang masuk mobil setelah menginjak genangan air di luar. Pemasangan karpet dasar ini pun juga berfungsi sebagai peredam suara.

Selain itu, usaha pencegahan yang paling penting adalah memberikan perlindungan pelapis anti karat/undercoat di bagian mobil yang mudah basah atau kotor seperti fender roda depan belakang mobil, kolong mobil, tutup mesin dan pintu mobil yang rawan terkena air hujan.

Cara menerapkannya pun cukup semprotkan undercoat ke bagian mobil yang ingin dilapisi. Perlu diingat bagian yang ingin dilapisi harus terbebas dari karat agar fungsi melindungi besi bisa maksimal.

Saat ini sudah banyak yang menjual pelapis anti karat berkualitas dengan harga terjangkau, bahkan ada produk yang mampu meredam suara sekaligus. Nah disarankan memakai pelapis anti karat berbahan karet yang sekaligus bisa sebagai peredam suara seperti PENRAY Rubberized Undercoat. Kelebihan undercoat berbahan karet yaitu tahan lama menempel pada besi, elastis sehingga tidak mudah retak, tahan kondisi panas, basah, dingin, debu, asap dan kontaminasi asam dari jalanan.

Satu hal yang menarik adalah undercoat berkualitas dapat digunakan juga untuk keperluan di rumah seperti melapisi talang air dan genteng supaya air tidak merembas serta melapisi perabot besi di luar rumah seperti pagar, bangku taman, menara air, dll. Dengan dipasangnya pelapis anti karat ini, bagian rumah akan semakin awet usianya dan tak membutuhkan banyak perawatan lain yang bikin repot.

Dari sekian banyak fungsi dan kegunaan pelapis anti karat ini hal yang perlu kita ingat bahwa pelapis anti karat hanya suatu pencegahan dan bukanlah pengobatan dari karat. Oleh karena itu, ada baiknya kita melakukan antisipasi sebelum penyakit kanker besi itu menyerang di musim hujan.

Sekilas tentang Penray Rubberized Undercoat. PENRAY RUBBERIZED UNDERCOAT mengandung undercoating/Anti karat canggih, dengan teknologi peredam dan mematikan suara. Ketika benar-benar kering, PENRAY RUBBERIZED UNDERCOAT dapat dilapisi dengan cat tanpa menimbulkan bercak ataupun gumpalan. Digunakan sesuai dengan anjuran pakai akan memberikan perlindungan unggul terhadap timbulnya karat, korosi, panas, dingin, debu, asap dan kontaminasi asam dari jalanan. Untuk pengaplikasian pada otomotif seperti pada rocker panel/panel penggerak, fende/bemper, kap mesin, bagian bawah mobil. Sedangkan untuk bagian rumah bisa di aplikasikan ke fondasi, talang, downspouts/pembuangan bagian bawah, celah jalan mobil, retakan kayu, perbaikan atap kecil. Sebagai catatan hindari aplikasi pada atau dekat catalytic converter atau bagian lain dari sistem pembuangan.

Share.

About Author

Dokter OTO

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan