SHARE

Tidak perlu sampai ke bengkel

Jika kita berbicara tentang mesin kendaraan, selalu ada dua pilihan yang muncul. Pertama adalah mobil dengan mesin diesel dan yang kedua mobil dengan mesin bensin, walaupun sekarang sudah terdapat opsi hybrid dan listrik akan tetapi mesin dengan bahan bakar cair fosil masih lebih menarik.

Mesin diesel di Indonesia umumnya digunakan pada bus, truk,  SUV dan juga untuk mesin mesin industri. Padahal di negara-negara maju seperti Eropa dan juga Amerika Serikat, banyak yang memilih kendaraan bermesin diesel untuk kendaraan sehari-hari. Sedangkan kendaraan dengan mesin bahan bakar bensin masih merajai jalan-jalan terutama di kota-kota besar di Indonesia.

stp-dft
pada mesin diesel mengusung “self ignition” yang memanfaatkan panas kompresi yang sangat tinggi untuk membakar solar yang telah diinjeksi ke dalam ruang bakar.

Kedua jenis mesin ini memiliki karakter performa yang beda. Mesin bensin, dikenal dengan akselerasinya. Mesin ini mampu berakselerasi hingga 8000 RPM (rotasi per menit). Sementara diesel dikenal dengan torsinya, terutama pada truk dan bus yang cenderung membawa muatan banyak, walaupun memiliki top RPM yang rendah, berkisar 5000 sampai 6000 RPM tapi torsinya jauh meninggalkan mesin bensin. 

Untuk pengapian pada mesin bensin menggunakan busi sebagai pemantik api. Sementara pada mesin diesel mengusung “self ignition” yang memanfaatkan panas kompresi yang sangat tinggi untuk membakar solar yang telah diinjeksi ke dalam ruang bakar. Untuk injektor mesin diesel tekanan injeksi haruslah besar, karena akan disemprotkan pada saat piston sedang berada pada tingkat kompresi yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, jika terdapat sumbatan pada injektor maka tekanan injeksi dan volume bahan bakar yang disemprotkan ke ruang bakar akan terganggu. Selain itu dapat berakibat pada semprotan injektor yang tidak sama di setiap silinder, sehingga suplai bahan bakar ke tiap silinder tidak sama.

Kalau injektor tersumbat mobil Anda akan mengalami beberapa gejala seperti tenaga mesin drop, boros bahan bakar serta mesin akan lebih terasa bergetar pada saat start di pagi hari dan disertai dengan asap hitam . Kalau ini sudah terjadi segera bersihkan injektor mobil Anda. Untuk membersihkan injektor Anda dapat menggunakan injector cleaner dengan metode disuntik atau disemprot. Selain itu Anda juga dapat menambahkan campuran bahan bakar untuk membersihkan sekaligus menjaga sistem injektor agar selalu bekerja optimal.

Kalau injektor tersumbat mobil Anda akan mengalami beberapa gejala seperti tenaga mesin drop, boros bahan bakar serta mesin akan lebih terasa bergetar pada saat start di pagi hari dan disertai dengan asap hitam

Pemakaian campuran bahan bakar pun harus sesuai dengan yang dianjurkan, ada yang ditambahkan pada setiap pengisian bahan bakar ada juga yang hanya digunakan secara berkala, ditambahkan hanya pada kilometer tertentu saja. Menggunakan campuran bahan bakar dengan benar dapat menjaga mesin Anda bekerja dengan baik, serta membuat kendaraan lebih irit bertenaga.

Dan jika Anda sedang mencari produk campuran bahan bakar yang dapat menjaga sistem bahan bakar dan mesin serta meningkatkan performa kendaraan STP solusinya, Lebih dari 60 tahun, STP USA telah meningkatkan performa kendaraan di seluruh dunia, melalui riset yang teruji langsung di arena balap. Selain itu, STP juga memiliki pusat pengembangan produk yang canggih dengan dukungan penuh dari para ahli internal STP yang punya kompetensi khusus di bidang otomotif, sehingga dapat menciptakan produk dengan performa terbaik, yang langsung bisa Anda rasakan.

STP memiliki berbagai varian campuran bahan bakaryang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, baik untuk mobil berbahan bakar bensin maupun solar, sangataman digunakan karena  tidak mengandung alkohol yang dapat mengganggu fungsi komponen vital seperti catalytic converter dan sensor oksigen. 

Jika Anda menginginkan perlindungan menyeluruh pada sistem bahan bakar, STP Complete Fuel System Cleaner dapat membersihkan carbon deposit atau kerak pada bagian vital sistem bahan bakar, seperti injektor, katup pemasukan, kepala silinder, dan piston. Selain itu, dapat mencegah korosi pada tangki bahan bakar dan salurannya.

Untuk kendaraan bermesin diesel, Anda dapat menambahkan STP Diesel Fuel Treatment and Injector Cleaner pada bahan bakar solar Anda.campuran bahan bakar ini dapat membantu menjaga sistem injektor tetap bersih, mengikat dan membuang kadar air di dalam tangki solar dan mencegah karat maupun korosi. Selain itu, dapat mengurangi asap dan polusi serta menghemat bahan bakar serta meningkatkan kualitas bahan bakar solar yang Anda gunakan. [WA]

stp-oil-diesel-fuel-treatment






Tinggalkan Pesan