Mobil tetap kinclong, terlindungi dari kontaminasi

0

Jakarta – Merawat mobil agar tetap kinclong memang susah-susah gampang dan membutuhkan usaha ekstra, terlebih jika mobil dipakai sehari-hari. Ada saja tampilan bodi mobil yang membuatnya tidak enak dipandang seperi goresan, cat kendaraan lain yang menempel, dan bahkan ketika memasuki musim hujan mobil mudah sekali kotor. Perawatan cuci dan waxing mobil yang sederhana ini bisa jadi acuan kita untuk restorasi kondisi eksterior mobil.

Langkah awal dalam merawat bodi mobil adalah mencucinya terlebih dahulu untuk menghilangkan kerak dan kotoran yang menempel. Gunakan shampo mobil yang berkualitas dan kain mikrofiber untuk menyeka dan mengeringkannya agar hasil cucian maksimal. Nah setelah bodi mobil kering, saatnya mengamati dan menandai bagian mana saja yang terdapat goresan, noda menempel untuk direstorasi kondisinya.

Untuk menentukan kondisi suatu goresan luka kita dapat meraba bodi mobil. Jika luka goresan terasa dalam sebaiknya gunakan kompon mobil rubbing compound yang dapat menghilangkan goresan yang lumayan dalam, noda yang susah hilang atau terdapat cat lain yang menempel. Cara pakainya cukup oleskan ke bagian luka lalu dengan busa wax, gosok bagian tersebut dengan gerakan maju-mundur sambil ditekan hingga lukanya hilang.

Setelah penggunaan rubbing compound maksimalkan hasilnya dengan polishing compound agar cat dapat kilap lagi sekaligus menghilangkan goresan ringan lainnya seperti terkena goresan kuku tangan yang umumnya ada di celah pegangan pintu. Kompon jenis ini juga dapat memperhalus permukaan cat baru. Cara pakainya cukup oleskan pada bagian mobil lalu gosok memutar sambal ditekan memakai busa wax. Bersihkan sisa kompon pakai kain mikrofiber.

 

Selanjutnya agar eksterior mobil terlihat kinclong dan terlindungi dari kontaminasi, gunakan wax jenis metalik yang dapat mengkilapkan sekaligus memberi efek water beading jika terkena air. Dengan efek tersebut debu atau kotoran tidak akan mudah nempel. Disarankan pakai wax mobil yang memberi hasil akhir dengan lapisan hard shell finish, yang tak hanya membuat kilap tapi juga melindungi cat dengan efek yang tahan lama.

Itulah beberapa perawatan ekstra agar mobil tetap kinclong dan terlindungi di musim hujan sekalipun. Selamat mencoba.

 

Turtle Wax

Turtle Wax merupakan brand ternama dari Amerika yang konsisten memberikan perhatian khusus pada perawatan mobil sejak 1953, dan telah menjual produknya ke lebih dari 90 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Turtle Wax hadir dengan berbagai varian produk perawatan mobil seperti Turtle Wax Rubbing Compound Heavy Duty Cleaner yang mampu menghilangkan noda bandel dan goresan lumayan dalam pada ekterior mobil. Sedangkan varian Turtle Wax Polishing Compound Light To Medium Cleaner membantu membersihkan kotoran, aspal, oksidasi, menghilangkan goresan ringan serta dapat memulihkan permukaan cat yang kusam.

Produk andalan lainnya yang juga best seller adalah Turtle Wax Metallic Car Wax yang mampu membersihkan, mengkilapkan serta memberikan perlindungan “Hard Shell Finish” yang mencegah cat mobil dari kepudaran dan oksidasi. Diperkaya dengan formula Gloss Maximizer untuk menguatkan kilau cat dan perlindungan cat yang tahan lama. [*/LC]

Share.

About Author

Dokter OTO

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan