Mobil mulus kinclong, terbebas dari noda bandel

0

Jakarta – Tampilan mobil kinclong selalu saja menjadi dambaan pemilk mobil, dan untuk mendapatkannya pun si pemilik tak segan sering-sering mencuci mobilnya. Namun walaupun sudah dicuci bersih terkadang masih saja ada noda aspal atauserangga yang menempel, baret-baret halus terlihat serta noda di lapisan krom atau logam yang mengganggu penampilan. Untuk itu ada baiknya diberikan penanganan ekstra agar mobil kesayangan kembali tampil cemerlang.

Sebenarnya cukup mudah untuk menghilangkan noda membandel, selama kita mengetahui cairan yang tepat dalam membersihkan noda maupun dalam menghilangkan baret halus. Tapi perlu diingat jika kita tidak hati-hati dalam memilih cairan pembersih, bukannya noda hilang malah cat mobil terkikis karena bahan pembersih tidak sesuai untuk cat mobil, disamping juga cara penggunaan cairan yang tidak tepat.

Nah dirangkum dari beberapa narasumber, berikut cara membersihkan noda dan mengembalikan kemulusan ekterior mobil:

  1. Bersihkan kotoran membandel

Cara membersihkan noda membandel dari aspal, serangga dan bekas tempelan stiker adalah dengan menggunakan cairan pembersih noda aspal dan serangga atau biasa disebut bug and tar remover yang aman dipakai untuk eksterior mobil. Cairan ini biasanya mempunyai fitur perlindungan untuk mencegah noda menempel kembali.

Caranya, setelah mobil di cuci bersih, semprotkan cairan pembersih ke noda membandel dan biarkan noda melunak sekitar 2-3 menit. Setelah itu, gosok pakai kain mikrofiber bersih. Ulangi langkah ini jika hasil belum maksimal.

Perlu dicatat dalam membersihkan noda membandel hindari kebiasaan salah memakai bahan bakar solar ataupun minyak tanah.  Pemakaian bahan bakar ini memang ampuh menghilangkan noda, namun cat mobil atau lapisan krom ikut terkikis dan warna cat menjadi pudar.

  1. Hilangkan noda pada logam

Cara yang kurang lebih sama bisa diterapkan untuk mengembalikan kemilau logam, alumunium atau krom yang terdapat di ekterior mobil, yaitu dengan cairan poles logam khusus mobil. Caranya cukup oleskan cairan ke noda lalu biarkan cairan bekerja sekitar 2-3 menit. Sikat noda pakai sikat gigi halus, kemudian gosok sambil ditekan memakai kain mikrofiber bersih. Ulangi langkah ini jika hasil belum maksimal.

  1. Hilangkan baret halus

Jika kita memperhatikan permukaan cat mobil dengan seksama, terlihat baret atau goresan halus seperti jaring laba-laba. Nah “Luka” halus ini akibat dari pencucian mobil yang memakai kain atau busa yang kotor maupun terkena ranting tanaman atau kuku. Kita bisa samarkan baret halus ini dengan poles mobil berkualitas yang tidak mengikis cat tapi dapat menghilangkan baret, kepudaran dan oksidasi.

Cara pemakaiannya terlebih dahulu bersihkan bagian baret halus dari debu dengan kain mikrofiber atau lakukan pencucian, lalu oleskan cairan pada busa halus. Kemudian gosok bagian baret secara perlahan dengan tekanan medium dan gerakan melingkar hingga baret tidak terlihat lagi. Ulangi langkah ini jika hasil belum maksimal.

Dengan penggunaan cairan yang tepat dan cara yang tepat pula, ekterior mobil akan kembali mulus dan cat mobil terlihat lebih segar dan kinclong.  [*/LC]

 

Turtle Wax 

Turtle Wax merupakan merek ternama dari USA yang konsisten memberikan perhatian khusus pada perawatan mobil sejak 1953 dengan penjualan produk ke lebih dari 90 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Turtle Wax hadir di Indonesia dengan berbagai varian produk perawatan mobil terlaris yang salah satunya adalah Turtle Wax Bug & Tar Remover. Produk ini membersihkan noda membandel seperti noda aspal, serangga dan getah pohon yang menempel di permukaan cat dan lis ekterior, kaca, plastik dan metal yang tidak berpori.

Produk lain yang juga laris adalah Turtle Wax Scratch And Swirl Remover yang membantu menghilangkan baret halus dengan mudah. Ada juga Turtle Wax Premium All Metal Polish yang dapat mengembalikan kilau cemerlang pada permukaan logam seperti krom, aluminium, stainless steel dan logam ringan lainnya. Temukan produk berkualitas dari Turtle Wax di toko cat, toko onderdil, toko variasi, bengkel service dan toko online.

Share.

About Author

Dokter OTO

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan