Mesin Tetap Sehat Dengan Pilihan Oli Tepat

0

Jakarta – Bagi pemilik kendaraan, pergantian oli adalah ritual rutin yang wajib dilakukan agar kinerja mesin berjalan normal dan terhindar dari kerusakan mesin. Fungsi oli ini sendiri sebagai pelumasan dalam mengurangi gesekan komponen mesin dan mencegah terjadinya panas berlebih. Nah, tentu akan sangat berbahaya jika oli tidak mampu melumasi dengan sempurna. Tanpa pelumasan yang baik komponen mesin akan saling bergesekan ditengah suhu panas tinggi dan jika dibiarkan tentu mengganggu performa dan bahkan membuat komponen mesin rusak seperti terbaret hingga patah. Wuih ngeri!

Kalau mesin sudah rusak sudah jelas akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membenahinya, Karena itu sebaiknya jangan telat melakukan pergantian oli secara rutin dan tentunya ganti oli mesin dengan yang berkualitas.

Adapun dalam pemilihan oli mesin sebaiknya mengacu pada buku manual kendaraan ataupun tanyakan kepada mekanik atau bengkel langganan. Tapi jika bisa memilih sendiri, apapun spesifikasi oli yang dibutuhkan mesin (baik itu tipe mesin bensin atau diesel) sebaiknya pilih tipe oli mesin yang ideal untuk iklim tropis Indonesia karena oli jenis ini tahan terhadap perubahan suhu ekstrem yang cepat berubah dari panas ke dingin maupun sebaliknya.

Umumnya oli mesin berkualitas komplit dengan berbagai penambahan aditif oli yang mampu melindungi komponen mesin dari berbagai stres beban kerja mesin berlebih sehingga dapat menghindari mesin dari kerusakan komponen. Aditif anti wear misalnya, mampu melindungi komponen mesin lebih ekstra dari kerusakan akibat gesekan antar metal pada temperatur panas dan dingin, dan dalam kondisi kerja berat dengan tekanan tinggi.

Aditif lain yang umumnya ditambahkan pada oli berkualitas adalah friction modifiers, yaitu sejenis aditif oli yang mengurangi hambatan pada komponen bergerak sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja mesin dan menjaga akselerasi tetap stabil. Keuntungan ektranya, pemakaian bahan bakar lebih hemat karena efisiensi kinerja mesin.

Selain itu terdapat aditif oli lainnya seperti anti oksidan yang melindungi komponen mesin dari karat dan korosi sehingga dapat mencegah dampak negatif etanol atau air dalam pelumas yang menyebabkan kegagalan mesin. Aditif lainnya seperti deterjen yang berfungsi mengurangi deposit berbahaya pada piston sekaligus penetralisir pembentukan kerak dan lumpur. Ini agar ruang mesin tetap bersih dan komponen kritikal turbo terjaga.

Nah sebelum memakai oli berkualitas ada baiknya ruang mesin dibersihkan dahulu sehingga manfaat oli berkualitas tersebut dapat maksimal. Ruang mesin dibersihkan dari kerak karbon atau lumpur yang mengendap pada wadah mesin maupun pada komponen lainnya. Cara membersihkan ruang mesin cukup lakukan flushing mesin, yaitu: menuangkan cairan engine flush ke dalam mesin ketika masih terdapat oli lama. Selanjutnya nyalakan mesin selama 10-15 menit sambil injak gas pada 2000 RPM. Kemudian matikan mesin, buang oli lama, ganti fiter oli dengan yang baru, lalu tuangkan oli baru berkualitas tersebut. Mudah bukan?     

Penggunaan oli mesin berkualitas dan sesuai spesifikasi mesin akan membuat kinerja mesin lebih maksimal karena melumasi komponen mesin secara sempurna dan pemakaian bahan bakar juga lebih hemat.

Pelumas STP

STP sebagai brand ternama dari Amerika yang produknya telah dipasarkan di lebih dari 200 negara di dunia sejak tahun 1954 dan aktif dalam ajang balap NASCAR, hadir di Indonesia dengan produk oli berkualitas seperti STP Full Synthetic Motor Oil, STP Synthetic Motor Oil, STP Synthetic Diesel Oil dan STP Motor Oil.

Pelumas mesin STP memberikan daya lumas sempurna dengan kekentalan oli yang stabil walau di suhu ekstrem sekalipun, melindungi dari karat dan korosi, serta mengurangi keausan komponen sehingga mesin menjadi lebih awet dan berperforma di segala kondisi. Oli STP dapat digunakan untuk mesin kendaraan bertipe bensin maupun diesel yang memiliki sistem turbocharged, TDI, DI, inter-cooled, dan common rail.

Selain itu, pelumas STP juga tersedia dalam bahan mineral dan sintetis dengan tingkat kekentalan oli atau SAE bervariatif namun tetap dilengkapi dengan berbagai aditif oli berkualitas yang menjadikannya ideal untuk pemakaian di iklim tropis. STP juga hadir dengan produk performa mesin yaitu STP Engine Flush yang dapat membersihkan endapan kotoran, lumpur oli, tar, varnish dan kerak yang bersarang di sela-sela ruang mesin. STP Engine Flush bisa digunakan untuk mesin bensin maupun diesel [*/LC]

Share.

About Author

Dokter OTO

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan