Menjaga dan Merawat Kecerahan Warna Cat Mobil, “Wax” atau Silikon?

0
turtle-wax-metallic-car-wax

Menjaga mobil tetap “kinclong” menjadi bentuk perawatan yang umum dilakukan oleh pemilik kendaraan agar tampilan eksterior mobil selalu sempurna. Salah satunya adalah mengaplikasikan wax, yang tujuannya merawat dan melindungi permukaan cat mobil, supaya kecerahan warna cat tetap terjaga dan tidak kusam.

Caranya adalah dengan memberikan lapisan yang tipis sehingga menutupi permukaan bodi mobil, bahan yang digunakan untuk melapisi bisa berupa wax maupun silikon. Biasanya perlindungannya pun hanya bersifat sementara,apabila anda terlalu sering mencuci mobil atau sering terkena hujan, maka baik lapisan wax maupun silikon akan lebih cepat memudar.

Dipasaran Anda dapat menjumpai wax maupun silikon dalam bentuk pasta dan cair, penggunaannya pun mudah. Setelah mobil dicuci bersih dan dikeringkan, kemudian gunakan applicator pad untuk memoles setelah itu seka dengan kain microfiber, cukup mudah bukan? Baik wax maupun silikon memiliki karakteristik yang berbeda setelah diaplikasikan, jika diamati dari hasil akhir atau finish look nya keduanya sama sama memberikan kesan kilau glossy. Akan tetapi silikon sedikit lebih berkilau dan mampu menyamarkan goresan goresan ringan pada permukaan cat mobil.

Permukaan cat yang telah dilapisi dengan silikon akan terasa berminyak jika disentuh, hal ini disebabkan karena minyak yang terkandung di dalamnya. Jejak telapak tangan pun akan mudah membekas, debu kotoran juga akan mudah menempel pada permukaan cat. Akan tetapi silikon tidak meninggalkan debu residu pada saat proses memoles.

Walaupun perlindungan yang diberikan sama sama bersifat sementara, akan tetapi wax dan silikon memiliki ketahanan yang berbeda, umumnya wax akan lebih “betah” berada diatas lapisan clear coat cat mobil Anda ketimbang silikon, tidak hanya itu wax juga mampu menghilangkan goresan goresan ringan pada permukaan cat. Jadi wax akan menjaga dan merawat lapisan cat mobil Anda serta memberikan efek penangkal debu dan kotoran sehingga mobil Anda jadi lebih maksimal “kinclong” nya.

Jika mobil Anda tergolong anyar, menggunakan wax adalah langkah tepat agar lapisan pada permukaan cat dapat lebih terjaga. Butir residu yang muncul pada saat proses memoles pun sudah berkurang, tidak seperti wax generasi sebelumnya. Sementara itu, untuk mobil yang sudah berumur, sebelum mengaplikasikan wax ada baiknya mengaplikasikan rubbing dan polishing compound terlebih dahulu agar hasil yang didapat lebih memuaskan.

 

Share.

About Author

Dokter OTO

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.

Tinggalkan Pesan