SHARE

Otomania kali ini DR OTO akan memberikan tips cara mengemudi yang benar dan aman yang dapat menjauhkan Kita dari bahaya ketika sedang mengendarai kendaraan dijalan. Mau tau tipsnya simak deh caranya.

POSISI MENGEMUDI :

Sebelum menjalankan kendaraan pastikan posisi mengemudi anda sudah baik dan nyaman, atur kursi agar posisi kedua pergelangan tangan dapat memegang roda kemudi dengan nyaman (posisi tangan jam 9 /10 & jam 2 / 3) agar respon dalam mengendalikan kendaraan lebih baik dan stabil jangan membiasakan memegang kemudi pada bagian atas karena selain pengendalian menjadi kurang baik juga dapat berbahaya apabila airbag tiba-tiba mengembang tangan dapat cidera, kemudian atur kemiringan sandaran kursi untuk menemukan posisi ideal agar penempatan tubuh terasa nyaman dan tidak melelahkan. Pastikan sandaran kepala pas berada dibelakang kepala.

SABUK KESELAMATAN :

Selalu pastikan untuk menggunakan sabuk keselamatan (safety belt) sebelum menghidupkan mesin. Pastikan penumpang disamping Anda juga mengenakan sabuk pengaman karena hal ini terbukti dapat membantu menyelamatkan banyak pengemudi dari benturan apabila terjadi tabrakan.

INSTRUMEN KENDARAAN :

Pastikan instrument kendaraan berfungsi baik sebelum Anda mengemudi di jalan raya, seperti sign kiri & kanan, indicator lampu pada speedometer dan lampu rem.

HINDARI HAL YANG DAPAT MENGGANGGU KONSENTRASI :

Otomania, banyak kecelakaan disebabkan karena sang pengemudi kehilangan konsentrasi penyebabnya antara lain adalah karena melakukan SMS, BBM, Telepon,TV pada dashboard, Tape,  makan & minum saat mengemudi, selain berbahaya untuk diri sendiri juga dapat membahayakan orang lain untuk itu DR OTO menganjurkan agar bersifat arif dan bijaksana dalam mengemudi sebaiknya berhenti saat melakukan hal-hal tersebut diatas pada tempat yang aman.

GUNAKAN LAMPU MOBIL DENGAN BIJAKSANA :

Penggunaan lampu harus sesuai aturan melihat fungsi dan keadaan. Sebaiknya jangan menggunakan lampu jauh saat perpapasan dengan kendaraan lain dimalam hari karena dapat menyilaukan mata pengemudinya hal itu dapat menyebabkan blindspot.

Jangan menggunakan lampu hazard saat dalam keadaan hujan atau agak berkabut karena arah kendaraan anda tidak dapat diprediksi oleh kendaraan lain. Gunakan lampu hazard saat emergency atau saat Anda harus melakukan pengereman secara tiba-tiba untuk memberikan sinyal kepada pengendara dibelakang Anda melakukan pengereman.

Demikian Tips DR OTO semoga bermanfaat dan nantikan edisi berikutnya.

Tinggalkan Pesan