SHARE
stp-oli-sintetis-dan-full-sintetis
terdapat oli berbahan dasar, Mineral, Semi sintetis, dan Full sintetis

Menggunakan pelumas yang tepat sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin dan juga transmisi. Pemilihan pelumas yang tepat amat berpengaruh terhadap performa mesin dan transmisi. Karenanya, selain merek, pemilik kendaraan harus mempertimbangkan jenis pelumas bagi kendaraannya agar mesin dan bekerja optimal dan tahan lama.

Pelumas kendaraan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu oli mineral, semi sintetis, dan full sintetis. Masing masing memiliki karakter dan base oil yang berbeda. Namun, semua jenis oli tersebut mempunyai fungsi sama, melumasi komponen mesin dan transmisi, serta mengurangi gesekan antar komponen.

Oli atau pelumas mineral dihasilkan dari base oil yang terdapat pada lapisan bumi. Dibandingkan jenis lainnya, oli ini mudah didapat dan dibanderol dengan harga lebih murah. Menggunakan jenis pelumas ini, sistem pelumasannya dapat dibilang kurang maksimal. Selain itu, usia penggunaannya pun terbilang singkat jika dibandingkan dengan oli semi sintetis maupun full sintetis. Meski demikian, masih ada kendaraan, utamanya sepeda motor atau mobil lawas, yang masih menggunakan oli jenis ini.

Oli semi sintetis merupakan jenis pelumas dengan bahan dasar  perpaduan antara pelumas mineral dan sintetis. Dengan kualitas lebih baik dibandingkan oli mineral, oli ini biasanya dijual dengan harga lebih terjangkau jika  dibandingkan dengan oli full sintetis. Memang, untuk kualitas, masih berada di bawah oli full sintetis. 

Sementara itu, oli full sintetis berasal dari berbagai proses penyulingan dengan tahapan panjang sehingga hasil yang didapat jauh lebih baik. Inilah yang menjadikan pelumas tersebut tahan lama dan mampu bertahan pada temperatur tinggi.

Selain dapat melumasi komponen mesin dan transmisi dengan maksimal, penggunaan pelumas ini membuat mesin bekerja lebih maksimal sehingga mampu menghemat bahan bakar. Kendaraan-kendaraan baru biasanya menggunakan oli jenis ini agar mesin menghasilkan tenaga maksimal.

Selain mempertimbangkan jenis-jenis oli, jangan lupa pula untuk memperhatikan SAE serta API Service nya saat ini API Service terkini adalah SN dan juga anjuran pabrik terhadap penggunaan pelumas. Pilihlah pelumas yang tepat agar dapat melindungi mesin dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

STP merupakan salah satu merek pelumas yang bisa dijadikan pilihan tepat untuk

melindungi mesin dan transmisi kendaraan Anda. Para ilmuwan STP bekerja keras memenuhi kebutuhan pemilik kendaraan dengan pelumas andal yang dapat menjaga kondisi mesin. Dengan API Service SN terkini pelumas STP memiliki aditif pelumas yang mampu memberikan perlindungan maksimal pada mesin dalam kondisi ekstrem sekalipun sehingga dapat tetap menjaga performa mesin. 

Pelumas STP telah memenuhi persyaratan pabrikan otomotif dunia, baik untuk mesin standar maupun mesin turbocharged berteknologi tinggi. Dengan formula anti-wear additives, pelumas STP memberikan perlindungan ekstra pada mesin dari kerusakan akibat gesekan antar metal, baik pada temperatur panas maupun dingin, serta dalam kondisi kerja berat bertekanan tinggi. Dengan beragam varian dan peruntukannya, pelumas-pelumas STP siap menjaga mesin dan transmisi kendaraan Anda

Tinggalkan Pesan