SHARE
dr-oto-artikel-oli-API-SN

Sistem Pelumasan pada mesin mobil menjadi bagian yang sangat penting karena menyangkut banyak hal. Salah memilih oli mesin yang tidak sesuai dengan rekomendasi akan membuat mobil menjadi tidak bertenaga dan dalam jangka panjang dapat merusak komponen mesin. Setiap oli mempunyai kode spesifikasi yang berbeda-beda sebagai penentu oli untuk jenis mesin dan teknologi mobil.

Banyak pengguna kendaraan bermotor yang tampaknya kurang memahami kode tersebut. Misalnya API Service SN pada kemasan oli. Agar tidak salah dalam memilih oli mesin, ada baiknya kita memahami dulu apa itu API Service pada oli mesin.

dr-oto-artikel-api-sn

API adalah singkatan dari American Petroleum Institute merupakan sebuah kode standar yang menentukan kualitas pelumas kendaraan. Pada kemasan pelumas kendaraan, kita akan melihat kode API dengan 2 tambahan alfabet huruf dibelakangnya misalnya “API SN” atau “API CH”. Huruf pertama untuk menentukan jika jenis kendaraan bensin atau gasoline dilambangkan dengan kode S, sedangkan mesin diesel menggunakan kode C. Pada alfabet kedua menjelaskan kualitas yang terbaru dari oli. Misalnya API SG dan API SN dengan API SN merupakan jenis oli yang lebih baru dan memiliki kandungan additive yang lebih baik dibandingkan dengan API SG. Semakin baru teknologi pelumas, maka kode alphabet akan semakin tinggi. Pelumas mesin kendaraan yang digunakan pada mobil-mobil keluaran tahun yang lebih baru akan memerlukan oli dengan kode pada alfabet keduanya yang mendekati huruf Z.

API Service SN ini merupakan kategori terakhir untuk jenis oli mesin bensin pada saat ini. Pelumas mesin kendaraan dengan standar API Service SN sudah dilengkapi dengan ANTI-WEAR additives yang fungsinya melindungi dan melumasi detail  dari bagian komponen mesin mobil. API Service SN dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap suhu tinggi dari gesekan piston dan compatibility seal. Selain itu API Service SN dan ILSAC GF-5 membuat kinerja API SN dalam  peningkatan penghematan bahan bakar, perlindungan turbocharger, kompatibilitas sistem kontrol emisi serta perlindungan mesin yang maksimal.

Dan yang menjadikan pelumas mesin kendaraan dengan klasifikasi API Service SN lebih unggul dibandingkan dengan sebelumnya adalah kandungan ZDDP (zinc dialkyl dithiophosphate)  yang melindungi mesin dari zat senyawa yang muncul seiring dengan masa pemakaian pelumas pada mesin.Yang dapat membuat mesin teroksidasi dan rentan gesekan ataupun korosi.

Kandungan ZDDP pada pelumas mesin klasifikasi API Service SN diklaim berfungsi untuk meningkatkan kemampuan Anti wear protection sekaligus perlindungan terhadap catalytic converter menjadi lebih baik. ZDDP atau zinc juga berfungsi melapisi bagian bagian mesin menjaganya agar tetap terlumasi sehingga kinerja mesin pun menjadi lebih optimal,baik itu dari segi ekonomi (irit) dan juga ramah lingkungan.


Tinggalkan Pesan